Pengaruh persepsi manfaat, persepsi risiko, perilakukonsumen terhadap minat penggunaan kartu multi trip pengguna jasa transportasi publik pada PT. kereta commuter indonesia di stasiun sudimara
Zaki Maulana - Personal Name (Pengarang)
Administrasi Publik
2024
Jakarta : Institut STIAMI
Penelitian ini dilakukan pada PT. Kereta Commuter Indonesia di Stasiun
Sudimara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi
manfaat terhadap minat penggunaan, persepsi risiko terhadap minat
penggunaan, dan perilaku konsumen terhadap minat penggunaan,
pengaruh persepsi manfaat, persepsi risiko dan perilaku konsumen secara
simultan terhadap minat penggunaan kartu multi trip pengguna jasa
transportasi publik pada PT. Kereta Commuter Indonesia di Stasiun
Sudimara. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel
dalam penelitian ini adalah 80 pengguna jasa transportasi publik yang
diambil secara acak yang sesuai dengan kriteria penelitian dan diambil
menggunakan rumus hair dimana indikator sebanyak 16 dikalikan 5.
Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, regresi
linear sederhana, uji korelasi sederhana, uji korelasi berganda, koefisien
determinasi, uji t, uji f simultan, dengan menggunakan program SPSS 26.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi manfaat, persepsi
risiko dan perilaku konsumen memiliki pengaruh yang kuat dan signifikan
terhadap minat penggunaan, baik secara parsial maupun secara simultan.
Hal ini dapat dilihat dari hasil regresi linear berganda yaitu Y = 16.245 +
0.098X1 + 0.083X2 + 0.185X3 yang artinya ada pengaruh positif antara
persepsi manfaat, persepsi risiko dan perilaku konsumen terhadap minat
penggunaan. Hasil koefisien determinasi yaitu sebesar 28.0% variabel
minat penggunaan dipengaruhi oleh persepsi manfaat, persepsi risiko,
dan perilaku konsumen, sedangkan sisanya 72% dipengaruhi oleh faktor
lain. Hasil uji t parsial persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat penggunaan dengan hasil thitung > ttabel (3,247> 1,665) dan
signifikasi sebesar 0,000, untuk variabel persepsi risiko berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat penggunaan dengan hasil thitung > ttabel
(3,265>1,665) dan signifikasi sebesar 0,000, untuk variabel perilaku
konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan
dengan hasil thitung > ttabel (4,208>1,665) dan signifikasi sebesar 0,000.
Secara simultan persepsi manfaat, persepsi risiko, dan perilaku konsumen
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan dengan
nilai fhitung > ftabel (9,870 > 2,723) dan signifikasi 0,000.
Detail Information
Bagian
Informasi
Dosen Pembimbing
Dr. Hasim. A. Abdullah,MM ; Akhmad Taufan Maulana, S.I.Kom., M.A.
Pengarang
Zaki Maulana - Personal Name (Pengarang)
No. Panggil
SKR AP 2024
Subyek
Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko, Perilaku Konsum
Klasifikasi
S2401060
GMD
Administrasi Publik
Penerbit
Institut STIAMI
Tahun Terbit
2024
Tempat Terbit
Jakarta
Citation
APA Style
Zaki Maulana . (2024).
Pengaruh persepsi manfaat, persepsi risiko, perilakukonsumen terhadap minat penggunaan kartu multi trip pengguna jasa transportasi publik pada PT. kereta commuter indonesia di stasiun sudimara (Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Chicago Style
Zaki Maulana .
Pengaruh persepsi manfaat, persepsi risiko, perilakukonsumen terhadap minat penggunaan kartu multi trip pengguna jasa transportasi publik pada PT. kereta commuter indonesia di stasiun sudimara (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Administrasi Publik
MLA Style
Zaki Maulana .
Pengaruh persepsi manfaat, persepsi risiko, perilakukonsumen terhadap minat penggunaan kartu multi trip pengguna jasa transportasi publik pada PT. kereta commuter indonesia di stasiun sudimara (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Administrasi Publik
Turabian Style
Zaki Maulana .
Pengaruh persepsi manfaat, persepsi risiko, perilakukonsumen terhadap minat penggunaan kartu multi trip pengguna jasa transportasi publik pada PT. kereta commuter indonesia di stasiun sudimara (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Administrasi Publik