PENGARUH KOMPETENSI DOSEN DAN MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI MAHASISWA D3 INSTITUT STIAMI KAMPUS MARDANI JAKARTA PUSAT
Novita, Desak Gede Roche Dian. MIA1401010333. Administrasi
Pendidikan (2016). Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Modul Pembelajaran
Terhadap Prestasi Mahasiswa D3 Institut Stiami Mardani Jakarta. Tesis,
Program Studi Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Institut
Stiami Jakarta. Pembimbing: Dr. Tukhas Shilul Imaroh, MM.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung
kompetensi dosen dan modul pembelajaran terhadap prestasi mahasiswa
D3 Institut Stiami Mardani Jakarta.
Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa D3 Institut
Mardani Jakarta tahun ajaran 2015 kelas program regular yang berjumlah
60 orang, teknik sampling menggunakan teknik sampling jenuh yang
menjadikan populasi sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis regresi berganda dengan program SPSS for Windows
Ver.22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kompetensi dosen
berpengaruh positif dan signifikan sebesar 30,5% terhadap variasi prestasi
dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 (2) modul pembelajaran
berpengaruh positif dan signifikan sebesar 33% terhadap variasi prestasi
dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 (3) kompetensi dosen dan modul
pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan sebesar 41,3% terhadap
variasi prestasi dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Semakin baik
kompetensi dosen dan modul pembelajaran maka akan semakin baik pula
prestasi mahasiswa.
Penelitian ini sejalan dengan penelitian oleh Puji Lestari dan Irianing
Suparlinah (2010), Devi Hardian Tyasari (2011), dan Elis Mediawati (2011).
Penelitian ini dapat ditindaklanjuti dengan menambahkan variabel
lain misalnya faktor motivasi belajar, minat belajar, kecerdasan,
kemampuan intelektual, kultur kampus, model pembelajaran, fasilitas
belajar, maupun pola belajar yang diterapkan dirumah.
Detail Information
Citation
DESAK GEDE ROCHE DIAN NOVITA. (2024).
PENGARUH KOMPETENSI DOSEN DAN MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI MAHASISWA D3 INSTITUT STIAMI KAMPUS MARDANI JAKARTA PUSAT(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
DESAK GEDE ROCHE DIAN NOVITA.
PENGARUH KOMPETENSI DOSEN DAN MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI MAHASISWA D3 INSTITUT STIAMI KAMPUS MARDANI JAKARTA PUSAT(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Tesis
DESAK GEDE ROCHE DIAN NOVITA.
PENGARUH KOMPETENSI DOSEN DAN MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI MAHASISWA D3 INSTITUT STIAMI KAMPUS MARDANI JAKARTA PUSAT(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Tesis
DESAK GEDE ROCHE DIAN NOVITA.
PENGARUH KOMPETENSI DOSEN DAN MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI MAHASISWA D3 INSTITUT STIAMI KAMPUS MARDANI JAKARTA PUSAT(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Tesis