Pengaruh Kemampuan Sumber Daya Manusia Dan Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Kecamatan Jatinegara


Berdasarkan wawancara dan observasi pendahuluan tergali informasi bahwa kemampuan sumber daya manusia pada Puskesmas masih rendah, kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien belum prima serta kepuasan Masyarakat juga masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan sumber daya manusia dan kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di puskesmas kecamatan Jatinegara baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan objek penelitian adalah pasien pada puskesmas Kecamatan Jatinegara dengan jumlah sampel 79 responden. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan program SPSS versi 25.0. Teknik analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa secara umum kemampuan sumber daya manusia terhadap kepuasan masyarakat masuk dalam kategori baik. Hubungan antara kemampuan SDM dengan kepuasan masyarakat termasuk dalam derajat sedang. Pengaruh kemampuan SDM terhadap kepuasan masyarakat sebesar 34,5%. Sedangkan kualitas pelayanan publik termasuk baik. Derajat hubungan antara kualitas pelayanan publik dengan kepuasan masyarakat termasuk kuat. Pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat sebesar 55,3%. Sedangkan kepuasan masyarakat pada Puskesmas Jatinegara termasuk kategori baik. Hubungan antara kemampuan SDM dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat secara bersama-sama tergolong kuat. Pengaruh kemampuan SDM dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat secara bersama-sama sebesar 61,1%


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Dosen Pembimbing Khikmatul Islah,S.I.P,M.Si
Pengarang Dodi Supriyatna - Personal Name (Pengarang)
No. Panggil SKR AP 2024
Subyek Kemampuan Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan
Klasifikasi S2400400
GMD Administrasi Publik
Penerbit Institut STIAMI
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit Jakarta


Citation

Dodi Supriyatna. (2023).Pengaruh Kemampuan Sumber Daya Manusia Dan Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Kecamatan Jatinegara(Revision).Jakarta:Institut STIAMI

Dodi Supriyatna.Pengaruh Kemampuan Sumber Daya Manusia Dan Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Kecamatan Jatinegara(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2023.Administrasi Publik

Dodi Supriyatna.Pengaruh Kemampuan Sumber Daya Manusia Dan Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Kecamatan Jatinegara(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2023.Administrasi Publik

Dodi Supriyatna.Pengaruh Kemampuan Sumber Daya Manusia Dan Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Kecamatan Jatinegara(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2023.Administrasi Publik

 



Information

Repository merupakan kumpulan dari skripsi, tesis, jurnal, laporan penelitian, dll yang dapat di download secara gratis

Media Sosial

Facebook Repository STIAMI Official
Youtube Repository STIAMI Official
Instagram Repository STIAMI Official

Saran

Kami berharap masukan, kritik dan saran dari saudara/i semua terhadap Repository Institut STIAMI, harap hubungi kami

Klik