Pengaruh Pengetahuan Perpajakan , Tarif Pajak Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Wilayah Bekasi Pada E-Commerce Di Tokopedia
Fauny Deavaty HS - Personal Name (Pengarang)
Tesis
2023
Jakarta : Pascasarjana Institut STIAMI
Saat ini banyak sekali UMKM yang memperluas usahanya di situs jual-beli online, tetapi dengan meningkatnya UMKM di e-commerce Indonesia maka diperlukan peningkatan perihal kepatuhan masyarakat tentang pentingnya membayar pajak. Tetapi, realisasi kepatuhan masyarakat wajib pajak dalam melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak dan membayar pajak sepanjang 2022 hanya mencapai 83,2%. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besarkah pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Tarif Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Wilayah Bekasi pada E-Commerce di Tokopedia. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan metode kuesioner dan menggunakan teknik proportional random sampling. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa t hitung pada variabel Pengetahuan Perpajakan sebesar 2,977 yang berarti bahwa t hitung > t tabel (1,997), sehingga dapat disimpulkan bahwa Pengetahuan Perpajakan (X1) memiliki pengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Wilayah Bekasi pada E-Commerce di Tokopedia yaitu sebesar 49,5%. Selain itu diketahui t hitung pada variabel Tarif Pajak organisasi sebesar 3,195 yang berarti bahwa t hitung > t tabel (1,997), sehingga dapat disimpulkan bahwa Tarif Pajak (X2) memiliki pengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Wilayah Bekasi pada E-Commerce di Tokopedia yaitu sebesar 49,4%. Dan diketahui t hitung pada variabel Kesadaran Wajib Pajak UMKM sebesar 5,248 yang berarti bahwa t hitung < t tabel (1,997), sehingga dapat disimpulkan bahwa Kesadaran Wajib Pajak (X3) memiliki pengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Wilayah Bekasi pada E-Commerce di Tokopedia yaitu sebesar 58,8%. Bersumber pada hasil uji F dapat dilihat pada nilai F hitung sebesar 97,919 dengan nilai F tabel adalah 2,66 sehingga nilai f hitung > f tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa Pengetahuan Perpajakan (X1), varaiabel Tari Pajak (X2) dan variabel Kesadaran Wajib Pajak (X3) secara bersamaan berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Wilayah Bekasi pada E-Commerce di Tokopedia. Nilai output besar koefisien determinasi (R Square) adalah 0,646 atau 64,6%.
Detail Information
Citation
APA Style
Fauny Deavaty HS . (2023).
Pengaruh Pengetahuan Perpajakan , Tarif Pajak Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Wilayah Bekasi Pada E-Commerce Di Tokopedia (Revision).Jakarta:Pascasarjana Institut STIAMI
Chicago Style
Fauny Deavaty HS .
Pengaruh Pengetahuan Perpajakan , Tarif Pajak Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Wilayah Bekasi Pada E-Commerce Di Tokopedia (Revision).Jakarta:Pascasarjana Institut STIAMI,2023.Tesis
MLA Style
Fauny Deavaty HS .
Pengaruh Pengetahuan Perpajakan , Tarif Pajak Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Wilayah Bekasi Pada E-Commerce Di Tokopedia (Revision).Jakarta:Pascasarjana Institut STIAMI,2023.Tesis
Turabian Style
Fauny Deavaty HS .
Pengaruh Pengetahuan Perpajakan , Tarif Pajak Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Wilayah Bekasi Pada E-Commerce Di Tokopedia (Revision).Jakarta:Pascasarjana Institut STIAMI,2023.Tesis