ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKANKAN PENJUALAN SMARTPHONE PRODUK CHINA: STUDI KASUS PADA SMARTPHONE OPPO DI JAKARTA
MUKAROMATUS SAHIROH - Personal Name (Pengarang)
Administrasi Bisnis
2022
Institut STIAMI : Jakarta Institute of Social Science and Direction STIAMI
OPPO Electronic Corp, Ltd berdiri pada tahun 2004 sebagai produsen elektronik yang beralamat di Dongguan, Guangdong, Negara China. Sebelum merambah ke teknologi Mobile smartphone, OPPO telah memproduksi peralatan elektronik seperti MP3 Player, LCD TV, Portable Media Player, DVD, e-Book dan Disc Player. Pada tahun 2008 Barulah OPPO mulai menggarap pasar smartphone dengan menciptakan produk OPPO smartphone. Kebutuhan masyarakat dalam menggunakan smartphone menyebabkan persaingan dalam bidang teknologi. Persaingan tersebut mengharuskan perusahaan memiliki strategi pemasaran yang baik agar dapat meningkatkan penjualan dari waktu ke waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam mempertahankan penjualan pada smartphone OPPO di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan bauran pemasaran 4p untuk memanfaatkan strategi pemasaran pada produk, harga, promosi, dan lokasi yaitu dengan selalu meningkatkan kualitas produk, menentukan harga yang tepat, memanfaatkan media promosi baik offline maupun online dengan baik, dan menempatkan lokasi pada tempat yang mudah ditemukan dan diakses, sehingga perusahaan dapat mempertahankan penjualan, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa secara umum strategi pemasaran yang dilakukan oleh OPPO sudah sangat baik, dan hal tersebut dapat dilihat melalui strategi bauran pemasaran dalam aspek 4p, meskipun masih ada hambatan yang dialami perusahaan berupa kurangnya kesadaran SDM (promotor) dalam mem-follow up konsumen, akan tetapi perusahaan juga memberikan solusi atas hambatan tersebut dengan melakukan training secara face to face kepada para promotor agar menghasilkan SDM (promotor) yang berkualitas.
Detail Information
Citation
MUKAROMATUS SAHIROH. (2022).
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKANKAN PENJUALAN SMARTPHONE PRODUK CHINA: STUDI KASUS PADA SMARTPHONE OPPO DI JAKARTA(Revision).Institut STIAMI:Jakarta Institute of Social Science and Direction STIAMI
MUKAROMATUS SAHIROH.
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKANKAN PENJUALAN SMARTPHONE PRODUK CHINA: STUDI KASUS PADA SMARTPHONE OPPO DI JAKARTA(Revision).Institut STIAMI:Jakarta Institute of Social Science and Direction STIAMI,2022.Administrasi Bisnis
MUKAROMATUS SAHIROH.
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKANKAN PENJUALAN SMARTPHONE PRODUK CHINA: STUDI KASUS PADA SMARTPHONE OPPO DI JAKARTA(Revision).Institut STIAMI:Jakarta Institute of Social Science and Direction STIAMI,2022.Administrasi Bisnis
MUKAROMATUS SAHIROH.
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKANKAN PENJUALAN SMARTPHONE PRODUK CHINA: STUDI KASUS PADA SMARTPHONE OPPO DI JAKARTA(Revision).Institut STIAMI:Jakarta Institute of Social Science and Direction STIAMI,2022.Administrasi Bisnis