KOMUNIKASI DIGITAL E-COMMERCE PADA PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Studi Kasus Pengguna Shopee Pada Perilaku Konsumtif Mahasiswa Institut STIAMI Cikarang)
EFRI YULIANDA - Personal Name (Pengarang)
Manajemen Komunikasi
2022
Jakarta : Institut STIAMI
Era industri komunikasi dan informasi kini serba digital, termasuk dalam kegiatan belanja yang kini banyak dilakukan melalui e-commerce. Hal ini membawa dampak pada perilaku berbelanja di kalangan remaja dan mahasiswa. Latar belakang penelitian ini adalah maraknya penggunaan Shopee di kalangan mahasiswa Manajemen Komunikasi Institut STIAMI CIkarang yang menyebabkan adanya perubahan perilaku belanja untuk memenuhi gaya hidup (life style). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi digital e-commerce Shopee yang menyebabkan perilaku konsumtif. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa (1) Dari keempat komponen teori komunikasi dalam digital marketing, aktivitas komunikasi yang dihasilkan memiliki dampak signifikan yaitu dari Influencer. Karena influencer cukup berpengaruh dalam memberikan awareness pola konsumsi dari mahasiswa. (2) Alasan yang membuat mahasiswa menjadi konsumtif karena Shopee memiliki banyak diskon, Shopee birthday sale, flash sale, gratis ongkir, akun-akun online shop yang mudah dicari, dan terdapat fitur Shopee Pay Later. Aktivitas komunikasi yang paling dominan adalah pemenuhan keinginan dalam Pay Later yang digunakan mahasiswa untuk berbelanja dahulu dan dibayar kemudian dengan cara dicicil.
Detail Information
Citation
APA Style
EFRI YULIANDA . (2022).
KOMUNIKASI DIGITAL E-COMMERCE PADA PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Studi Kasus Pengguna Shopee Pada Perilaku Konsumtif Mahasiswa Institut STIAMI Cikarang) (Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Chicago Style
EFRI YULIANDA .
KOMUNIKASI DIGITAL E-COMMERCE PADA PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Studi Kasus Pengguna Shopee Pada Perilaku Konsumtif Mahasiswa Institut STIAMI Cikarang) (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2022.Manajemen Komunikasi
MLA Style
EFRI YULIANDA .
KOMUNIKASI DIGITAL E-COMMERCE PADA PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Studi Kasus Pengguna Shopee Pada Perilaku Konsumtif Mahasiswa Institut STIAMI Cikarang) (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2022.Manajemen Komunikasi
Turabian Style
EFRI YULIANDA .
KOMUNIKASI DIGITAL E-COMMERCE PADA PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Studi Kasus Pengguna Shopee Pada Perilaku Konsumtif Mahasiswa Institut STIAMI Cikarang) (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2022.Manajemen Komunikasi