Pengaruh Sumber Daya Manusia Dan Kinerja Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Gondangdia


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sumber daya
manusia dan kinerja pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di
Kelurahan Gondangdia. Kepuasan masyarakat merupakan aspek penting
dalam pelayanan publik yang memerlukan perhatian serius dari
pemerintah daerah agar tercapai pelayanan yang optimal dan efektif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei,
di mana data diperoleh melalui kuesioner yang diberikan kepada 317
responden yang merupakan masyarakat yang tinggal di Kelurahan
Gondangdia. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan
menggunakan purposive sampling, dan analisis data dilakukan
menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa sumber daya manusia (X1) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan masyarakat dengan kontribusi sebesar 96,9%. Selain
itu, kinerja pelayanan (X2) juga menunjukkan pengaruh positif yang
signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan kontribusi sebesar
97,1%. Secara simultan, sumber daya manusia dan kinerja pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan kontribusi
total sebesar 97,5%. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar
pemerintah Kelurahan Gondangdia terus meningkatkan kualitas sumber
daya manusia serta kinerja pelayanan publik untuk meningkatkan
kepuasan masyarakat.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Dosen Pembimbing Dony Hendartho, S.Sos. M.Si
Author(s) Widiyaningsih - Personal Name (Pengarang)
Call Number SKR AP 2025
Subject(s)
Classification S250277
GMD Administrasi Publik
Publisher Institut STIAMI
Publishing Year 2025
Publishing Place Jakarta

  Tags :

Citation

Widiyaningsih. (2025).Pengaruh Sumber Daya Manusia Dan Kinerja Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Gondangdia(Revision).Jakarta:Institut STIAMI

Widiyaningsih.Pengaruh Sumber Daya Manusia Dan Kinerja Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Gondangdia(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik

Widiyaningsih.Pengaruh Sumber Daya Manusia Dan Kinerja Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Gondangdia(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik

Widiyaningsih.Pengaruh Sumber Daya Manusia Dan Kinerja Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Gondangdia(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik

 



Information

Repository merupakan kumpulan dari skripsi, tesis, jurnal, laporan penelitian, dll yang dapat di download secara gratis

Media Sosial

Facebook Repository STIAMI Official
Youtube Repository STIAMI Official
Instagram Repository STIAMI Official

Saran

Kami berharap masukan, kritik dan saran dari saudara/i semua terhadap Repository Institut STIAMI, harap hubungi kami

Klik