Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kemasan Pemberitaan Terhadap Persepsi Positif Pemasang Iklan Program Berita di PT. lativi Media Karya (TvOne)
Heru Sudinta - Personal Name (Pengarang)
Tesis
2025
Jakarta : Institut STIAMI
Pesatnya Industri media ditandai dengan hadirnya berbagai media massa baru, baik elektronik, cetak dan cyber. Seiring pesatnya perkembangan televisi digital, persaingan dalam memperoleh pendapatan dari iklan juga semakin kompetitif. Bahkan Television Commercial (TVC) kini harus bersaing dengan pasar lokal yang harganya pasti jauh lebih murah daripada televisi yang menyandang status sebagai televisi nasional. Peneliti melakukan penelitian di Perusahaan penyiaran PT. Lativi Media Karya (tvOne) dan secara khusus meneliti pihak yang pernah memasang iklan dengan menganalisa seberapa besar Pengaruh bauran pemasaran dan kemasan pemberitaan terhadap persepsi pemasang iklan di berbagai program acara berita. penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan metode penelitian kuantitatif dengan 3 variabel, yaitu 2 variabel bebas/independen (Bauran Pemasaran dan Kemasan Pemberitaan), dan variabel terikat/dependen (Persepsi Pemasang Iklan). Populasi penelitian ini adalah 120 pemasang iklan yaitu Public Relation Company, Marketing Agency, Tokoh Politik, Kepala Daerah, Dosen, dan Pengusaha yang pernah memasang iklan di tvone, khususnya pada slot program Berita selama tahun 2023-2024. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 27.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Bauran Pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Persepsi Positif Pemasang Iklan dengan koefisien determinasi sebesar 3,9%. Kemasan Pemberitaan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Persepsi Positif Pemasang Iklan dengan koefisien determinasi sebesar 13,9%. Secara bersama-sama, variabel independent Bauran Pemasaran dan Kemasan Pemberitaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependent Persepsi Positif Pemasang Iklan, dengan koefisien determinasi gabungan sebesar 14,1%. Hal ini menunjukkan bahwa Bauran Pemasaran dan Kemasan Pemberitaan secara bersama-sama mampu menjelaskan 0,141 atau sama dengan 14,1% variasi dalam Persepsi Positif Pemasang Iklan, sementara sisanya 0,839 atau sama dengan 83,9% dijelaskan oleh factor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hal ini membuktikan bahwa variabel Bauran Pemasaran dan Kemasan Pemberitaan mempunyai pengaruh terhadap ssssPersepsi Positif Pemasang Iklan Program Berita di PT. Lativi Media Karya (tvOne).
Detail Information
Citation
Heru Sudinta. (2025).
Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kemasan Pemberitaan Terhadap Persepsi Positif Pemasang Iklan Program Berita di PT. lativi Media Karya (TvOne)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Heru Sudinta.
Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kemasan Pemberitaan Terhadap Persepsi Positif Pemasang Iklan Program Berita di PT. lativi Media Karya (TvOne)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Tesis
Heru Sudinta.
Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kemasan Pemberitaan Terhadap Persepsi Positif Pemasang Iklan Program Berita di PT. lativi Media Karya (TvOne)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Tesis
Heru Sudinta.
Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kemasan Pemberitaan Terhadap Persepsi Positif Pemasang Iklan Program Berita di PT. lativi Media Karya (TvOne)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Tesis