Pengaruh Strategi Digital Marketing Dan Kualitas Konten Media Sosial Terhadap Minat Pendaftaran Mahasiswa Baru Di Institut Stiami
Endra Irawan - Personal Name (Pengarang)
Tesis
2025
Jakarta : Institut STIAMI
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi pengaruh Strategi Digital Marketing dan Kualitas Konten Media Sosial terhadap Minat Pendaftaran Mahasiswa Baru di Institut STIAMI. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 95 responden yang merupakan mahasiswa baru terdaftar pada periode Semester 2023/2024. Data dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, Strategi Digital Marketing (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Pendaftaran Mahasiswa Baru, dengan kontribusi sebesar 4,9%. Selanjutnya, variabel Kualitas Konten Media Sosial (X2) juga memiliki pengaruh positif dan signifikan, dengan kontribusi yang jauh lebih besar, yaitu sebesar 38%. Temuan ini menunjukkan bahwa kualitas konten adalah faktor yang lebih dominan dalam memengaruhi keputusan calon mahasiswa.
Secara simultan, kedua variabel tersebut secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Pendaftaran Mahasiswa Baru. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,383, yang berarti 38,3% variasi minat pendaftaran dapat dijelaskan oleh sinergi kedua variabel tersebut. Sisanya, sebesar 61,7%, dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini membuktikan bahwa strategi digital dan kualitas konten merupakan faktor penting yang memengaruhi keputusan calon mahasiswa untuk mendaftar. Oleh karena itu, Institut STIAMI disarankan untuk lebih memprioritaskan kualitas konten yang otentik, relevan, dan interaktif sebagai kunci utama untuk meningkatkan minat pendaftaran secara berkelanjutan.
Detail Information
Citation
Endra Irawan. (2025).
Pengaruh Strategi Digital Marketing Dan Kualitas Konten Media Sosial Terhadap Minat Pendaftaran Mahasiswa Baru Di Institut Stiami().Jakarta:Institut STIAMI
Endra Irawan.
Pengaruh Strategi Digital Marketing Dan Kualitas Konten Media Sosial Terhadap Minat Pendaftaran Mahasiswa Baru Di Institut Stiami().Jakarta:Institut STIAMI,2025.Tesis
Endra Irawan.
Pengaruh Strategi Digital Marketing Dan Kualitas Konten Media Sosial Terhadap Minat Pendaftaran Mahasiswa Baru Di Institut Stiami().Jakarta:Institut STIAMI,2025.Tesis
Endra Irawan.
Pengaruh Strategi Digital Marketing Dan Kualitas Konten Media Sosial Terhadap Minat Pendaftaran Mahasiswa Baru Di Institut Stiami().Jakarta:Institut STIAMI,2025.Tesis