Penerapan Strategi Pemasaran 4P Pada Perusahaan Ekspor Rumput laut (Studi Kasus PT. Biodata Laut Ganggang Di Sulawesi Selatan)
Bagas Adi Prabowo - Personal Name (Pengarang)
Administrasi Bisnis
2025
Jakarta : Institut STIAMI
Rumput laut merupakan komoditas ekspor utama dalam perdagangan
internasional, dengan Indonesia sebagai produsen utamanya. Studi ini
menganalisis penerapan bauran pemasaran 4P di PT Biota Laut Ganggang
(PT BLG), eksportir rumput laut di Sulawesi Selatan, serta mengidentifikasi
tantangan dan solusi terkait. Dengan menggunakan metode kualitatif
dengan wawancara mendalam, hasil penelitian ini menemukan bahwa PT
BLG berfokus pada kualitas produk, fleksibilitas, dan kustomisasi.
Penetapan harga disesuaikan dengan kondisi pasar global, sedangkan
distribusi menekankan pada efisiensi ekspor dan kepatuhan terhadap
peraturan. Promosi dilakukan melalui strategi B2B, pemasaran
berdasarkan pengalaman, dan media digital. Tantangan yang dihadapi
meliputi fluktuasi harga, jangkauan digital yang terbatas, dan logistik, yang
diatasi perusahaan melalui evaluasi berkala, peningkatan koordinasi, dan
inovasi pemasaran. PT BLG menunjukkan komitmen yang kuat untuk
meningkatkan daya saing globalnya.
Detail Information
Citation
Bagas Adi Prabowo. (2025).
Penerapan Strategi Pemasaran 4P Pada Perusahaan Ekspor Rumput laut (Studi Kasus PT. Biodata Laut Ganggang Di Sulawesi Selatan)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Bagas Adi Prabowo.
Penerapan Strategi Pemasaran 4P Pada Perusahaan Ekspor Rumput laut (Studi Kasus PT. Biodata Laut Ganggang Di Sulawesi Selatan)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis
Bagas Adi Prabowo.
Penerapan Strategi Pemasaran 4P Pada Perusahaan Ekspor Rumput laut (Studi Kasus PT. Biodata Laut Ganggang Di Sulawesi Selatan)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis
Bagas Adi Prabowo.
Penerapan Strategi Pemasaran 4P Pada Perusahaan Ekspor Rumput laut (Studi Kasus PT. Biodata Laut Ganggang Di Sulawesi Selatan)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis