Pengaruh harga Dan Promosi Terhadap Minat Berbelanja Konsumen Melalui E - Commerce Tokopedia (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kecamatan Tanjung Priuk)
Hasta Arbia Sutoyo - Personal Name (Pengarang)
Administrasi Bisnis
2025
Jakarta : Institut STIAMI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi
terhadap minat berbelanja konsumen melalui platform e-commerce
Tokopedia, dengan studi kasus pada masyarakat di Kecamatan Tanjung
Priok, Jakarta Utara. Variabel independen dalam penelitian ini adalah harga
(X₁) dan promosi (X₂), sedangkan variabel dependen adalah minat
berbelanja konsumen (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah
kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden pengguna
Tokopedia di wilayah penelitian. Data dianalisis menggunakan regresi linear
berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa secara parsial harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat berbelanja konsumen, begitu pula dengan promosi yang juga
berpengaruh signifikan. Secara simultan, harga dan promosi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat berbelanja konsumen dengan nilai
koefisien determinasi (R²) sebesar 0,972. Hal ini berarti 97,2% variasi minat
berbelanja konsumen dapat dijelaskan oleh harga dan promosi, sementara
2,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.Penelitian ini
menegaskan bahwa strategi harga yang kompetitif serta promosi yang
menarik menjadi faktor kunci dalam meningkatkan minat belanja konsumen
di Tokopedia, khususnya di wilayah perkotaan seperti Tanjung Priok.
Detail Information
Citation
Hasta Arbia Sutoyo. (2025).
Pengaruh harga Dan Promosi Terhadap Minat Berbelanja Konsumen Melalui E - Commerce Tokopedia (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kecamatan Tanjung Priuk)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Hasta Arbia Sutoyo.
Pengaruh harga Dan Promosi Terhadap Minat Berbelanja Konsumen Melalui E - Commerce Tokopedia (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kecamatan Tanjung Priuk)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis
Hasta Arbia Sutoyo.
Pengaruh harga Dan Promosi Terhadap Minat Berbelanja Konsumen Melalui E - Commerce Tokopedia (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kecamatan Tanjung Priuk)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis
Hasta Arbia Sutoyo.
Pengaruh harga Dan Promosi Terhadap Minat Berbelanja Konsumen Melalui E - Commerce Tokopedia (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kecamatan Tanjung Priuk)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis