Pola Komunikasi Guru Dan Siswa Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Di SMK Negeri 31


Rendahnya minat baca dan kemampuan literasi siswa menjadi latar
belakang penting penelitian ini bertujuan menggambarkan pola komunikasi
guru dan siswa dalam upaya meningkatkan literasi membaca di SMK
Negeri 31 Jakarta, dengan fokus pada penerapan komunikasi primer dan
sekunder sebagai strategi pembelajaran. Penelitian menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui
wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap guru serta
siswa, kemudian dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi pola
komunikasi dan implikasinya terhadap peningkatan literasi membaca. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan komunikasi primer
(bahasa dan gambar) serta komunikasi sekunder (media seperti infocus
dan video pembelajaran) untuk membantu siswa memahami materi dan
meningkatkan minat baca. Meskipun efektif, implementasinya menghadapi
kendala berupa keterbatasan sarana, gaya bahasa guru yang kurang
sesuai dengan karakter siswa, dan rendahnya motivasi membaca. Solusi
yang dilakukan mencakup penggunaan bahasa sederhana, visualisasi
materi pembelajaran, dan pendekatan interpersonal yang empatik.
Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa penerapan pola komunikasi
primer dan sekunder yang tepat dapat meningkatkan literasi membaca,
sejalan dengan konsep literasi sebagai keterampilan mendasar yang
mendukung penguasaan materi pembelajaran.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Dosen Pembimbing Dr. Dessy Andamisari, S.Iko. M.Si
Author(s) Delia Kartika Sumanding Asih - Personal Name (Pengarang)
Call Number SKR MKOM 2025
Subject(s) Komunikasi Primer, Komunikasi Sekunder, Literasi M
Classification S250227
GMD Manajemen Komunikasi
Publisher Institut STIAMI
Publishing Year 2025
Publishing Place Jakarta


Citation

Delia Kartika Sumanding Asih. (2025).Pola Komunikasi Guru Dan Siswa Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Di SMK Negeri 31(Revision).Jakarta:Institut STIAMI

Delia Kartika Sumanding Asih.Pola Komunikasi Guru Dan Siswa Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Di SMK Negeri 31(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi

Delia Kartika Sumanding Asih.Pola Komunikasi Guru Dan Siswa Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Di SMK Negeri 31(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi

Delia Kartika Sumanding Asih.Pola Komunikasi Guru Dan Siswa Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Di SMK Negeri 31(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi

 



Information

Repository merupakan kumpulan dari skripsi, tesis, jurnal, laporan penelitian, dll yang dapat di download secara gratis

Media Sosial

Facebook Repository STIAMI Official
Youtube Repository STIAMI Official
Instagram Repository STIAMI Official

Saran

Kami berharap masukan, kritik dan saran dari saudara/i semua terhadap Repository Institut STIAMI, harap hubungi kami

Klik