Strategi Public Realtion PT. Pertamina (Patra Niaga) Integrated Terminal Jakarta Melalui Program Corporate Social Responsibilty Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan
Dinda Bunga Khalifah - Personal Name (Pengarang)
Manajemen Komunikasi
2025
Jakarta : Institut STIAMI
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran Public Relations dalam
membentuk citra positif perusahaan melalui program Corporate Social
Responsibility (CSR). PT Pertamina (Patra Niaga) Integrated Terminal
Jakarta sebagai BUMN sektor energi tidak hanya berorientasi pada
keuntungan, tetapi juga berkomitmen terhadap tanggung jawab sosial.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi PR dalam
mempertahankan citra perusahaan melalui program CSR, hambatan yang
dihadapi, serta solusi yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada model strategi
komunikasi Heris (2016), Fourt Part Of Corporate Social Responsibility
Carrol B Archie (2018), serta teori citra Kasali (2003) yang mencakup
persepsi publik, kepercayaan, dan reputasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa strategi PR dilakukan melalui perencanaan program berbasis
kebutuhan masyarakat, pelaksanaan yang melibatkan stakeholder, serta
evaluasi untuk mengukur dampak program. Hambatan yang dihadapi
meliputi kendala komunikasi antar sektor dan perbedaan persepsi
masyarakat. Namun, melalui komunikasi yang adaptif dan transparan,
program CSR terbukti mampu memperkuat citra positif PT Pertamina (Patra
Niaga) di mata publik.
Detail Information
Bagian
Informasi
Dosen Pembimbing
Dr. Saktisyahputra, S.Ikom. M.IKom;Ovi Olivia Belida, S.IKom. M.IKom
Author(s)
Dinda Bunga Khalifah - Personal Name (Pengarang)
Call Number
SKR MKOM 2025
Subject(s)
Komunikasi, Public Relations, Corporate Social Res
Classification
S250226
GMD
Manajemen Komunikasi
Publisher
Institut STIAMI
Publishing Year
2025
Publishing Place
Jakarta
Citation
APA Style
Dinda Bunga Khalifah . (2025).
Strategi Public Realtion PT. Pertamina (Patra Niaga) Integrated Terminal Jakarta Melalui Program Corporate Social Responsibilty Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan (Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Chicago Style
Dinda Bunga Khalifah .
Strategi Public Realtion PT. Pertamina (Patra Niaga) Integrated Terminal Jakarta Melalui Program Corporate Social Responsibilty Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi
MLA Style
Dinda Bunga Khalifah .
Strategi Public Realtion PT. Pertamina (Patra Niaga) Integrated Terminal Jakarta Melalui Program Corporate Social Responsibilty Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi
Turabian Style
Dinda Bunga Khalifah .
Strategi Public Realtion PT. Pertamina (Patra Niaga) Integrated Terminal Jakarta Melalui Program Corporate Social Responsibilty Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi