Strategi Public Realtion PT. Pertamina (Patra Niaga) Integrated Terminal Jakarta Melalui Program Corporate Social Responsibilty Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran Public Relations dalam
membentuk citra positif perusahaan melalui program Corporate Social
Responsibility (CSR). PT Pertamina (Patra Niaga) Integrated Terminal
Jakarta sebagai BUMN sektor energi tidak hanya berorientasi pada
keuntungan, tetapi juga berkomitmen terhadap tanggung jawab sosial.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi PR dalam
mempertahankan citra perusahaan melalui program CSR, hambatan yang
dihadapi, serta solusi yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada model strategi
komunikasi Heris (2016), Fourt Part Of Corporate Social Responsibility
Carrol B Archie (2018), serta teori citra Kasali (2003) yang mencakup
persepsi publik, kepercayaan, dan reputasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa strategi PR dilakukan melalui perencanaan program berbasis
kebutuhan masyarakat, pelaksanaan yang melibatkan stakeholder, serta
evaluasi untuk mengukur dampak program. Hambatan yang dihadapi
meliputi kendala komunikasi antar sektor dan perbedaan persepsi
masyarakat. Namun, melalui komunikasi yang adaptif dan transparan,
program CSR terbukti mampu memperkuat citra positif PT Pertamina (Patra
Niaga) di mata publik.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Dosen Pembimbing Dr. Saktisyahputra, S.Ikom. M.IKom;Ovi Olivia Belida, S.IKom. M.IKom
Author(s) Dinda Bunga Khalifah - Personal Name (Pengarang)
Call Number SKR MKOM 2025
Subject(s) Komunikasi, Public Relations, Corporate Social Res
Classification S250226
GMD Manajemen Komunikasi
Publisher Institut STIAMI
Publishing Year 2025
Publishing Place Jakarta


Citation

Dinda Bunga Khalifah. (2025).Strategi Public Realtion PT. Pertamina (Patra Niaga) Integrated Terminal Jakarta Melalui Program Corporate Social Responsibilty Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan(Revision).Jakarta:Institut STIAMI

Dinda Bunga Khalifah.Strategi Public Realtion PT. Pertamina (Patra Niaga) Integrated Terminal Jakarta Melalui Program Corporate Social Responsibilty Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi

Dinda Bunga Khalifah.Strategi Public Realtion PT. Pertamina (Patra Niaga) Integrated Terminal Jakarta Melalui Program Corporate Social Responsibilty Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi

Dinda Bunga Khalifah.Strategi Public Realtion PT. Pertamina (Patra Niaga) Integrated Terminal Jakarta Melalui Program Corporate Social Responsibilty Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi

 



Information

Repository merupakan kumpulan dari skripsi, tesis, jurnal, laporan penelitian, dll yang dapat di download secara gratis

Media Sosial

Facebook Repository STIAMI Official
Youtube Repository STIAMI Official
Instagram Repository STIAMI Official

Saran

Kami berharap masukan, kritik dan saran dari saudara/i semua terhadap Repository Institut STIAMI, harap hubungi kami

Klik