Analisis Loyalitas Karyawan Alfamart Rawamangun Muka Raya Jakarta Timur
Kuswati Ningsih - Personal Name (Pengarang)
Manajemen Komunikasi
2025
Jakarta : Institut STIAMI
Loyalitas karyawan merupakan hal yang penting dalam setiap perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis loyalitas karyawan di Alfamart
Rawamangun Muka Raya, Jakarta Timur. Loyalitas karyawan merupakan
faktor penting dalam menunjang kinerja dan stabilitas perusahaan,
khususnya di sektor ritel yang memiliki tingkat turnover tinggi. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan
data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap 14 informan
yang terdiri dari kepala toko, Manager , dan crew store. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa sebagian besar karyawan menunjukkan loyalitas
tinggi baik terhadap perusahaan maupun pekerjaan mereka. Namun,
terdapat beberapa faktor penghambat seperti beban kerja yang tinggi,
komunikasi yang kurang efektif, dan keterbatasan fasilitas kerja.
Perusahaan telah melakukan berbagai upaya seperti pemberian insentif,
pelatihan, dan penghargaan untuk meningkatkan loyalitas. Kesimpulan,
meskipun mayoritas karyawan menunjukkan loyalitas yang kuat, masih
diperlukan strategi komunikasi dan kebijakan manajemen sumber daya
manusia yang lebih adaptif untuk mempertahankan loyalitas secara
menyeluruh. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi
pengembangan strategi manajemen karyawan di sektor ritel
Detail Information
Citation
Kuswati Ningsih. (2025).
Analisis Loyalitas Karyawan Alfamart Rawamangun Muka Raya Jakarta Timur(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Kuswati Ningsih.
Analisis Loyalitas Karyawan Alfamart Rawamangun Muka Raya Jakarta Timur(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi
Kuswati Ningsih.
Analisis Loyalitas Karyawan Alfamart Rawamangun Muka Raya Jakarta Timur(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi
Kuswati Ningsih.
Analisis Loyalitas Karyawan Alfamart Rawamangun Muka Raya Jakarta Timur(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi