Record Detail

Strategi Komunikasi Customer Relationship Management (CRM) Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Melalui Livin’ By Mandiri Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Terbuka Di Region Iv Jakarta Area Kebon Sirih

Strategi Komunikasi Customer Relationship Management (CRM) Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Melalui Livin’ By Mandiri Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Terbuka Di Region Iv Jakarta Area Kebon Sirih


Persaingan perbankan dengan adanya transformasi digital mendorong inovasi aplikasi serupa yang diluncurkan oleh bank, seperti Livin’ by Mandiri, BCA Mobile, BRImo, dan lainnya, yang juga menawarkan fitur-fitur unggulan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi digital yang diterapkan oleh PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk melalui aplikasi Livin’ by Mandiri dalam meningkatkan jumlah nasabah di Region IV Jakarta Area Kebon Sirih. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan analisis menggunakan teori Customer Relathionship Management (CRM). Penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Strategi Komunikasi Livin’ by Mandiri dilakukan dengan literasi digital melalui kampanye edukasi berbasis komunitas, video tutorial, dan program sosialisasi. 2) Tantangan dalam kampanye komunikasi digital Livin’ by Mandiri meliputi keterbatasan perangkat yang tidak kompatibel, kegagalan transaksi akibat koneksi yang lambat atau terputus, hambatan latar belakang pendidikan, umur, dan demografi dalam memahami fitur digital, serta kekhawatiran tentang keamanan data dan kebiasaan yang sulit diubah. 3) Tindakan Bank Mandiri berhasil untuk mengatasi tantangan dalam meningkatkan nasabah aplikasi Livin’ by Mandiri meliputi promo dan edukasi kepada masyarakat serta institusi, yang berdampak positif pada peningkatan pengguna aplikasi hingga 76% dan meningkatnya loyalitas nasabah.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Dosen Pembimbing Dr. Marhanani Tri Astuti, M.I.Kom
Author(s) Siti Hardiati Wulandari - Personal Name (Pengarang)
Call Number TSS MIKOM 2025
Subject(s) Customer Relationship Management (CRM)
Livin’ by Mandiri
Classification T25009
GMD Tesis
Publisher Institut STIAMI
Publishing Year 2025
Publishing Place Jakarta


Citation

Siti Hardiati Wulandari. (2025).Strategi Komunikasi Customer Relationship Management (CRM) Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Melalui Livin’ By Mandiri Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Terbuka Di Region Iv Jakarta Area Kebon Sirih(Revision).Jakarta:Institut STIAMI

Siti Hardiati Wulandari.Strategi Komunikasi Customer Relationship Management (CRM) Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Melalui Livin’ By Mandiri Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Terbuka Di Region Iv Jakarta Area Kebon Sirih(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Tesis

Siti Hardiati Wulandari.Strategi Komunikasi Customer Relationship Management (CRM) Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Melalui Livin’ By Mandiri Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Terbuka Di Region Iv Jakarta Area Kebon Sirih(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Tesis

Siti Hardiati Wulandari.Strategi Komunikasi Customer Relationship Management (CRM) Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Melalui Livin’ By Mandiri Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Terbuka Di Region Iv Jakarta Area Kebon Sirih(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Tesis

 



Information

Repository merupakan kumpulan dari skripsi, tesis, jurnal, laporan penelitian, dll yang dapat di download secara gratis

Media Sosial

Facebook Repository STIAMI Official
Youtube Repository STIAMI Official
Instagram Repository STIAMI Official

Saran

Kami berharap masukan, kritik dan saran dari saudara/i semua terhadap Repository Institut STIAMI, harap hubungi kami

Klik