Strategi Komunikasi Customer Relationship Management (CRM) Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Melalui Livin’ By Mandiri Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Terbuka Di Region Iv Jakarta Area Kebon Sirih
Persaingan perbankan dengan adanya transformasi digital mendorong inovasi aplikasi serupa yang diluncurkan oleh bank, seperti Livin’ by Mandiri, BCA Mobile, BRImo, dan lainnya, yang juga menawarkan fitur-fitur unggulan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi digital yang diterapkan oleh PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk melalui aplikasi Livin’ by Mandiri dalam meningkatkan jumlah nasabah di Region IV Jakarta Area Kebon Sirih. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan analisis menggunakan teori Customer Relathionship Management (CRM). Penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Strategi Komunikasi Livin’ by Mandiri dilakukan dengan literasi digital melalui kampanye edukasi berbasis komunitas, video tutorial, dan program sosialisasi. 2) Tantangan dalam kampanye komunikasi digital Livin’ by Mandiri meliputi keterbatasan perangkat yang tidak kompatibel, kegagalan transaksi akibat koneksi yang lambat atau terputus, hambatan latar belakang pendidikan, umur, dan demografi dalam memahami fitur digital, serta kekhawatiran tentang keamanan data dan kebiasaan yang sulit diubah. 3) Tindakan Bank Mandiri berhasil untuk mengatasi tantangan dalam meningkatkan nasabah aplikasi Livin’ by Mandiri meliputi promo dan edukasi kepada masyarakat serta institusi, yang berdampak positif pada peningkatan pengguna aplikasi hingga 76% dan meningkatnya loyalitas nasabah.
Detail Information
Citation
APA Style
Siti Hardiati Wulandari . (2025).
Strategi Komunikasi Customer Relationship Management (CRM) Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Melalui Livin’ By Mandiri Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Terbuka Di Region Iv Jakarta Area Kebon Sirih (Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Chicago Style
Siti Hardiati Wulandari .
Strategi Komunikasi Customer Relationship Management (CRM) Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Melalui Livin’ By Mandiri Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Terbuka Di Region Iv Jakarta Area Kebon Sirih (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Tesis
MLA Style
Siti Hardiati Wulandari .
Strategi Komunikasi Customer Relationship Management (CRM) Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Melalui Livin’ By Mandiri Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Terbuka Di Region Iv Jakarta Area Kebon Sirih (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Tesis
Turabian Style
Siti Hardiati Wulandari .
Strategi Komunikasi Customer Relationship Management (CRM) Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Melalui Livin’ By Mandiri Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Terbuka Di Region Iv Jakarta Area Kebon Sirih (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Tesis