Strategi Komunikasi Tim Jaringan Membangun Opini Publik Positif Pada Pelanggan (Studi Kasus : PAM Jaya Wilayah Jakarta Selatan)


PAM Jaya adalah perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan penyediaan air bersih. Pada tanggal 23 Desember 1922 untuk pertama kalinya air yang berasal dari Ciburial Bogor dialirkan ke Kota Batavia (Jakarta), dan disahkan pada tahun 1977 berdasarkan PERDA DKI Jakarta No.3/1977. Namun, beberapa permasalahan seperti kurangnya komunikasi yang efektif, pelayanan yang belum optimal ke pelanggan, keterbatasan informasi dan transparansi, serta belum semua wilayah terlayani air bersih di wilayah Jakarta Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengevaluasi Strategi Komunikasi Tim Jaringan PAM Jaya dalam menangani keluhan pelanggan serta menganalisa upaya dalam meraih opini publik yang positif bagi Tim Jaringan PAM Jaya dalam menangani Keluhan Pelanggan di Wilayah Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi internal dan eksternal yang efektif sangat penting untuk meningkatkan pelayanan. Komunikasi internal yang baik, briefing pagi sebelum Tim Jaringan ke lapangan membantu dalam menyelaraskan tujuan dan strategi, memastikan bahwa semua tim memiliki pemahaman yang sama tentang tugas dan tanggung jawab kepada pelanggan. Selain itu, Salah satu hambatan utama yang dihadapi adalah ketidakmampuan untuk secara terbuka memberikan penyebab gangguan suplai air kepada pelanggan karena bersifat rahasia perusahaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi komunikasi yang efektif baik internal maupun eksternal merupakan faktor kunci dalam meningkatkan pelayanan dalam menangani keluhan pelanggan. Implementasi strategi komunikasi yang tepat tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan tetapi juga memberikan opini publik postif Tim Jaringan PAM Jaya Wilayah Jakarta Selatan.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Dosen Pembimbing Dr. Wulan Furrie., S.I.Kom., M.I.Kom
Author(s) Iva Mas Uva - Personal Name (Pengarang)
Call Number TSS MIKOM 2025
Subject(s) Strategi Komunikasi
Pelayanan Pelanggan
Komplain Pelanggan
Classification T25007
GMD Tesis
Publisher Institut STIAMI
Publishing Year 2025
Publishing Place Jakarta


Citation

Iva Mas Uva. (2025).Strategi Komunikasi Tim Jaringan Membangun Opini Publik Positif Pada Pelanggan (Studi Kasus : PAM Jaya Wilayah Jakarta Selatan)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI

Iva Mas Uva.Strategi Komunikasi Tim Jaringan Membangun Opini Publik Positif Pada Pelanggan (Studi Kasus : PAM Jaya Wilayah Jakarta Selatan)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Tesis

Iva Mas Uva.Strategi Komunikasi Tim Jaringan Membangun Opini Publik Positif Pada Pelanggan (Studi Kasus : PAM Jaya Wilayah Jakarta Selatan)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Tesis

Iva Mas Uva.Strategi Komunikasi Tim Jaringan Membangun Opini Publik Positif Pada Pelanggan (Studi Kasus : PAM Jaya Wilayah Jakarta Selatan)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Tesis

 



Information

Repository merupakan kumpulan dari skripsi, tesis, jurnal, laporan penelitian, dll yang dapat di download secara gratis

Media Sosial

Facebook Repository STIAMI Official
Youtube Repository STIAMI Official
Instagram Repository STIAMI Official

Saran

Kami berharap masukan, kritik dan saran dari saudara/i semua terhadap Repository Institut STIAMI, harap hubungi kami

Klik