Strategi Komunikasi Tim Jaringan Membangun Opini Publik Positif Pada Pelanggan (Studi Kasus : PAM Jaya Wilayah Jakarta Selatan)
Iva Mas Uva - Personal Name (Pengarang)
Tesis
2025
Jakarta : Institut STIAMI
PAM Jaya adalah perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan penyediaan air bersih. Pada tanggal 23 Desember 1922 untuk pertama kalinya air yang berasal dari Ciburial Bogor dialirkan ke Kota Batavia (Jakarta), dan disahkan pada tahun 1977 berdasarkan PERDA DKI Jakarta No.3/1977. Namun, beberapa permasalahan seperti kurangnya komunikasi yang efektif, pelayanan yang belum optimal ke pelanggan, keterbatasan informasi dan transparansi, serta belum semua wilayah terlayani air bersih di wilayah Jakarta Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengevaluasi Strategi Komunikasi Tim Jaringan PAM Jaya dalam menangani keluhan pelanggan serta menganalisa upaya dalam meraih opini publik yang positif bagi Tim Jaringan PAM Jaya dalam menangani Keluhan Pelanggan di Wilayah Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi internal dan eksternal yang efektif sangat penting untuk meningkatkan pelayanan. Komunikasi internal yang baik, briefing pagi sebelum Tim Jaringan ke lapangan membantu dalam menyelaraskan tujuan dan strategi, memastikan bahwa semua tim memiliki pemahaman yang sama tentang tugas dan tanggung jawab kepada pelanggan. Selain itu, Salah satu hambatan utama yang dihadapi adalah ketidakmampuan untuk secara terbuka memberikan penyebab gangguan suplai air kepada pelanggan karena bersifat rahasia perusahaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi komunikasi yang efektif baik internal maupun eksternal merupakan faktor kunci dalam meningkatkan pelayanan dalam menangani keluhan pelanggan. Implementasi strategi komunikasi yang tepat tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan tetapi juga memberikan opini publik postif Tim Jaringan PAM Jaya Wilayah Jakarta Selatan.
Detail Information
Citation
Iva Mas Uva. (2025).
Strategi Komunikasi Tim Jaringan Membangun Opini Publik Positif Pada Pelanggan (Studi Kasus : PAM Jaya Wilayah Jakarta Selatan)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Iva Mas Uva.
Strategi Komunikasi Tim Jaringan Membangun Opini Publik Positif Pada Pelanggan (Studi Kasus : PAM Jaya Wilayah Jakarta Selatan)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Tesis
Iva Mas Uva.
Strategi Komunikasi Tim Jaringan Membangun Opini Publik Positif Pada Pelanggan (Studi Kasus : PAM Jaya Wilayah Jakarta Selatan)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Tesis
Iva Mas Uva.
Strategi Komunikasi Tim Jaringan Membangun Opini Publik Positif Pada Pelanggan (Studi Kasus : PAM Jaya Wilayah Jakarta Selatan)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Tesis