Pengaruh Ketepatan Waktu Pengiriman Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelangan Pada PT. J&T cargo, Mardani
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketepatan waktu
pengiriman dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT.
J&T CARGO, cabang Mardani. Ketepatan waktu pengiriman dan kualitas
pelayanan merupakan dua faktor penting dalam industri logistik yang
memengaruhi keputusan pembelian serta tingkat kepuasan pelanggan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei
melalui kuesioner yang disebarkan kepada 94 responden pelanggan aktif
J&T CARGO di wilayah Mardani selama 3 bulan terakhir. Teknik analisis
data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan
program SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara
parsial, ketepatan waktu pengiriman berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan pelanggan. Begitu pula kualitas pelayanan, secara
parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Secara simultan, kedua variabel tersebut juga berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pelanggan. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar
0,716 menunjukkan bahwa 71,6% variasi kepuasan pelanggan dapat
dijelaskan oleh ketepatan waktu pengiriman dan kualitas pelayanan,
sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Permasalahannya beberapa pelanggan menyampaikan keluhan terkait
keterlambatan pengiriman dari estimasi waktu yang dijanjikan , kurangnya
respon yang cepat dan pelayanan yang kurang ramah.Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, PT.
J&T CARGO Mardani perlu terus meningkatkan ketepatan waktu
pengiriman dan memperbaiki kualitas pelayanan, khususnya dalam hal
responsivitas dan keramahan staf layanan pelanggan.
Detail Information
| Bagian |
Informasi |
| Dosen Pembimbing |
Dr. Cundo Harimurti, ST. M.Si |
| Author(s) |
Sisilia Oktaviana Pale - Personal Name (Pengarang) |
| Call Number |
SKR MLOG 2025 |
| Subject(s) |
|
| Classification |
S250205 |
| GMD |
Logistik |
| Publisher |
Institut STIAMI |
| Publishing Year |
2025 |
| Publishing Place |
Jakarta |
Citation
Sisilia Oktaviana Pale. (2025).
Pengaruh Ketepatan Waktu Pengiriman Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelangan Pada PT. J&T cargo, Mardani(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Sisilia Oktaviana Pale.
Pengaruh Ketepatan Waktu Pengiriman Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelangan Pada PT. J&T cargo, Mardani(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Logistik
Sisilia Oktaviana Pale.
Pengaruh Ketepatan Waktu Pengiriman Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelangan Pada PT. J&T cargo, Mardani(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Logistik
Sisilia Oktaviana Pale.
Pengaruh Ketepatan Waktu Pengiriman Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelangan Pada PT. J&T cargo, Mardani(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Logistik