Analisis Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Barnd Image Excelso Cafe Di Central Park Mall


Di tengah persaingan industri kafe yang semakin kompetitif, brand lokal
seperti Excelso Café menghadapi tantangan dalam mempertahankan dan
meningkatkan citra merek (brand image) di benak konsumen. Excelso Café yang
berlokasi di Central Park Mall Jakarta berupaya membangun persepsi merek
premium melalui strategi komunikasi yang terintegrasi. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis strategi Marketing Public Relations (MPR) yang diterapkan
Excelso dalam membentuk brand image, mengidentifikasi hambatan yang
dihadapi, serta merumuskan solusi yang relevan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik
pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi langsung, dan
dokumentasi. Informan terdiri dari manajemen Excelso, pelanggan loyal, serta
akademisi komunikasi. Analisis dilakukan berdasarkan model Three Ways
Strategy (Pull, Push, Pass) dan empat elemen brand image (asosiasi, dukungan,
kekuatan, dan keunikan merek).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pull membentuk ikatan
emosional melalui konten digital estetik, program loyalitas, dan atmosfer kafe
yang tenang. Strategi push memperluas eksposur merek melalui kolaborasi
tenant, media relations, dan influencer engagement. Strategi pass memperkuat
citra sosial melalui program CSR, dukungan komunitas, dan manajemen reputasi
digital yang responsif. Meski terdapat hambatan seperti keterbatasan teknologi,
komunikasi operasional, dan dinamika konsumen Gen Z, Excelso mampu
merespons dengan adaptasi konten, pelatihan SDM, dan kampanye komunitas.
Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa strategi MPR yang
terintegrasi secara emosional, sosial, dan digital mampu membentuk brand
image yang kuat dan berkelanjutan. Excelso Café berhasil memosisikan diri
sebagai kedai kopi lokal premium yang tidak hanya menjual produk, tetapi juga
menghadirkan pengalaman dan nilai.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Dosen Pembimbing Angelika Rosma, SS. M,Si
Author(s) Dinda Septiani - Personal Name (Pengarang)
Call Number SKR MKOM 2025
Subject(s) Marketing Public Relation, Brand Image, Excelso Ca
Classification S250196
GMD Manajemen Komunikasi
Publisher Institut STIAMI
Publishing Year 2025
Publishing Place Jakarta


Citation

Dinda Septiani. (2025).Analisis Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Barnd Image Excelso Cafe Di Central Park Mall(Revision).Jakarta:Institut STIAMI

Dinda Septiani.Analisis Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Barnd Image Excelso Cafe Di Central Park Mall(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi

Dinda Septiani.Analisis Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Barnd Image Excelso Cafe Di Central Park Mall(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi

Dinda Septiani.Analisis Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Barnd Image Excelso Cafe Di Central Park Mall(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi

 



Information

Repository merupakan kumpulan dari skripsi, tesis, jurnal, laporan penelitian, dll yang dapat di download secara gratis

Media Sosial

Facebook Repository STIAMI Official
Youtube Repository STIAMI Official
Instagram Repository STIAMI Official

Saran

Kami berharap masukan, kritik dan saran dari saudara/i semua terhadap Repository Institut STIAMI, harap hubungi kami

Klik