Pengaruh E-Samsat Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kapatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Samsat Jakarta Utara Tahun 2024


Data yang dikumpulkan oleh Samsat Jakarta Utara menunjukkan
bahwa tingkat kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor tergolong
rendah. Selama empat tahun terakhir, persentase kepatuhan telah
menurun (2021–2024). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh E-Samsat dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib
pajak kendaraan bermotor di Samsat Jakarta Utara. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai metode
pengumpulan data. Jumlah sampel penelitian adalah seratus responden.
Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, yang
didasarkan pada hubungan fungsional atau kausal antara dua variabel
independen dengan satu variabel dependen. Hasil uji parsial (uji t)
menunjukkan bahwa E-Samsat (X1) dan kualitas pelayanan (X2)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak (Y).
Namun, hasil uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa kedua variabel
independen secara bersama-sama berdampak positif dan signifikan
terhadap kepatuhan wajib pajak. Pada hasil uji Koefisien Determinasi
Variabel E-Samsat berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak sebesar
34,4%, variabel kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 37.7%, dan
variabel E-Samsat dan Kualitas Pelayanan berpengaruh 42,4% terhadap
kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di samsat Jakarta utara. Oleh
karena itu, dapat disimpulkan bahwa E-Samsat dan kualitas pelayanan
memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak
kendaraan bermotor di Samsat Jakarta Utara.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Dosen Pembimbing Indah Wahyu M. S.IP. M.Si.
Author(s) Luthfiyyah Apriani - Personal Name (Pengarang)
Call Number SKR AP 2025
Subject(s) E-Samsat, Kualitas Pelayanan,dan Kepatuhan Wajib P
Classification S250187
GMD Administrasi Publik
Publisher Institut STIAMI
Publishing Year 2025
Publishing Place Jakarta


Citation

Luthfiyyah Apriani. (2025).Pengaruh E-Samsat Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kapatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Samsat Jakarta Utara Tahun 2024(Revision).Jakarta:Institut STIAMI

Luthfiyyah Apriani.Pengaruh E-Samsat Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kapatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Samsat Jakarta Utara Tahun 2024(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik

Luthfiyyah Apriani.Pengaruh E-Samsat Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kapatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Samsat Jakarta Utara Tahun 2024(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik

Luthfiyyah Apriani.Pengaruh E-Samsat Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kapatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Samsat Jakarta Utara Tahun 2024(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik

 



Information

Repository merupakan kumpulan dari skripsi, tesis, jurnal, laporan penelitian, dll yang dapat di download secara gratis

Media Sosial

Facebook Repository STIAMI Official
Youtube Repository STIAMI Official
Instagram Repository STIAMI Official

Saran

Kami berharap masukan, kritik dan saran dari saudara/i semua terhadap Repository Institut STIAMI, harap hubungi kami

Klik