Record Detail

Efektivitas Penerapan Layanan E-Samsat Melalui Indeks Kepuasaan Masyarakat (IKM) Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) (Studi Kasus samsat Kota Depok I)

Efektivitas Penerapan Layanan E-Samsat Melalui Indeks Kepuasaan Masyarakat (IKM) Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) (Studi Kasus samsat Kota Depok I)


Kota Depok sebagai wilayah dengan kepadatan kendaraan yang tinggi dan tingkat
penetrasi internet sebesar 84,7% (BPS Kota Depok, 2023), seharusnya memiliki
tingkat penggunaan e-Samsat yang tinggi. Akan tetapi, data internal Samsat
menunjukkan bahwa tingkat penggunaan e-Samsat pada tahun 2023 hanya sekitar
47% dari total wajib pajak aktif. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah menganalisis
efektivitas penerapan layanan e-Samsat melalui kepuasan masyarakat dalam
penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dan untuk menganalisis hambatann
serta upaya dalam efektifitas penerapan layanan e-Samsat melalui kepuasan
masyarakat di Samsat Kota Depok I. Metode penelitian yang digunakan adalah
kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan wawancara
terstruktur, dukumentasi serta observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
Kepuasan Masyarakat atas penerapan layanan e-Samsat sudah sesuai dengan
harapan masyarakat. Akan tetapi dalam efektivitas penerapan layanan e-Samsat
untuk penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) masih belum efektif jika dilihat
dari dimensi pengalaman, harapan pelanggan, dan kebutuhan Karena masih terdapat
hambatan atau kendala. Kendala yang dihadapi ialah kurangnya pemahaman
teknologi dari masyarakat awam, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat umum
dan kurangnya SDM atau petugas dalam melakukan bantuan atas masalah yang
dihadapi saat penggunaan e-Samsat. Adapun upaya yang telah dilakukan Samsat
Kota Depok I yaitu meningkatkan komunikasi atau interaksi secara langsung kepada
masyarakat, meningkatkan koordinasi kepada instansi yang terkait, dan
memaksimalkan SDM atau call center dalam melakukan pelayanan e-Samsat.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Dosen Pembimbing Iman Susanto, SE. M.Ak
Author(s) Alya Putri Damayanti - Personal Name (Pengarang)
Call Number SKR AP 2025
Subject(s) Efektivitas Layanan, Kepuasan Masyarakat, Pajak Ke
Classification S250184
GMD Administrasi Publik
Publisher Institut STIAMI
Publishing Year 2025
Publishing Place Jakarta


Citation

Alya Putri Damayanti. (2025).Efektivitas Penerapan Layanan E-Samsat Melalui Indeks Kepuasaan Masyarakat (IKM) Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) (Studi Kasus samsat Kota Depok I)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI

Alya Putri Damayanti.Efektivitas Penerapan Layanan E-Samsat Melalui Indeks Kepuasaan Masyarakat (IKM) Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) (Studi Kasus samsat Kota Depok I)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik

Alya Putri Damayanti.Efektivitas Penerapan Layanan E-Samsat Melalui Indeks Kepuasaan Masyarakat (IKM) Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) (Studi Kasus samsat Kota Depok I)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik

Alya Putri Damayanti.Efektivitas Penerapan Layanan E-Samsat Melalui Indeks Kepuasaan Masyarakat (IKM) Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) (Studi Kasus samsat Kota Depok I)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik

 



Information

Repository merupakan kumpulan dari skripsi, tesis, jurnal, laporan penelitian, dll yang dapat di download secara gratis

Media Sosial

Facebook Repository STIAMI Official
Youtube Repository STIAMI Official
Instagram Repository STIAMI Official

Saran

Kami berharap masukan, kritik dan saran dari saudara/i semua terhadap Repository Institut STIAMI, harap hubungi kami

Klik