Pengaruh Digitalisasi Layanan Pengaduan Pajak dan Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Jakarta Gambir Dua
Fildzah Rahmawati - Personal Name (Pengarang)
Administrasi Publik
2025
Jakarta : Institut STIAMI
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh digitalisasi layanan
pengaduan pajak dan kualitas pelayanan perpajakan terhadap kepatuhan
Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Jakarta Gambir Dua.
Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan dengan metode survei
terhadap 98 responden. Data dianalisis menggunakan regresi linear
berganda, uji validitas, reliabilitas, serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa digitalisasi layanan pengaduan pajak berpengaruh
positif namun tidak signifikan secara parsial terhadap kepatuhan (t-hitung
0,421 < t-tabel 1,984; sig. 0,674 > 0,05) dengan kontribusi 15,2%,
meskipun persepsi responden berada pada kategori sangat baik (rata-rata
4,22). Kualitas pelayanan perpajakan berpengaruh positif dan signifikan
secara parsial (t-hitung 5,260 > t-tabel 1,984; sig. 0,000 < 0,05) dengan
kontribusi 18,7% dan kategori persepsi sangat baik (rata-rata 4,26).
Secara simultan, digitalisasi layanan pengaduan pajak dan kualitas
pelayanan perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib
pajak orang pribadi, dengan nilai F-hitung sebesar 52,932 lebih besar dari
F-tabel (3,10) dan signifikansi 0,000 (< 0,05). Koefisien determinasi (R
Square) sebesar 0,527 menunjukkan bahwa 52,7% variasi kepatuhan
wajib pajak dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen, sedangkan
47,3% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian.
Meskipun digitalisasi layanan pengaduan pajak belum menunjukkan
pengaruh parsial yang signifikan terhadap kepatuhan, kualitas pelayanan
perpajakan memiliki dampak yang signifikan. Secara simultan, kedua
variabel ini berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang
pribadi di KPP Pratama Jakarta Gambir Dua. Oleh karena itu, upaya
peningkatan kepatuhan wajib pajak perlu difokuskan pada peningkatan
kualitas pelayanan secara konsisten, diimbangi dengan edukasi dan
promosi yang lebih masif untuk optimalisasi pemanfaatan layanan digital.
Detail Information
Citation
APA Style
Fildzah Rahmawati . (2025).
Pengaruh Digitalisasi Layanan Pengaduan Pajak dan Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Jakarta Gambir Dua (Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Chicago Style
Fildzah Rahmawati .
Pengaruh Digitalisasi Layanan Pengaduan Pajak dan Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Jakarta Gambir Dua (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik
MLA Style
Fildzah Rahmawati .
Pengaruh Digitalisasi Layanan Pengaduan Pajak dan Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Jakarta Gambir Dua (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik
Turabian Style
Fildzah Rahmawati .
Pengaruh Digitalisasi Layanan Pengaduan Pajak dan Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Jakarta Gambir Dua (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik