Pengaruh Digitalisasi Layanan Pengaduan Pajak dan Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Jakarta Gambir Dua


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh digitalisasi layanan
pengaduan pajak dan kualitas pelayanan perpajakan terhadap kepatuhan
Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Jakarta Gambir Dua.
Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan dengan metode survei
terhadap 98 responden. Data dianalisis menggunakan regresi linear
berganda, uji validitas, reliabilitas, serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa digitalisasi layanan pengaduan pajak berpengaruh
positif namun tidak signifikan secara parsial terhadap kepatuhan (t-hitung
0,421 < t-tabel 1,984; sig. 0,674 > 0,05) dengan kontribusi 15,2%,
meskipun persepsi responden berada pada kategori sangat baik (rata-rata
4,22). Kualitas pelayanan perpajakan berpengaruh positif dan signifikan
secara parsial (t-hitung 5,260 > t-tabel 1,984; sig. 0,000 < 0,05) dengan
kontribusi 18,7% dan kategori persepsi sangat baik (rata-rata 4,26).
Secara simultan, digitalisasi layanan pengaduan pajak dan kualitas
pelayanan perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib
pajak orang pribadi, dengan nilai F-hitung sebesar 52,932 lebih besar dari
F-tabel (3,10) dan signifikansi 0,000 (< 0,05). Koefisien determinasi (R
Square) sebesar 0,527 menunjukkan bahwa 52,7% variasi kepatuhan
wajib pajak dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen, sedangkan
47,3% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian.
Meskipun digitalisasi layanan pengaduan pajak belum menunjukkan
pengaruh parsial yang signifikan terhadap kepatuhan, kualitas pelayanan
perpajakan memiliki dampak yang signifikan. Secara simultan, kedua
variabel ini berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang
pribadi di KPP Pratama Jakarta Gambir Dua. Oleh karena itu, upaya
peningkatan kepatuhan wajib pajak perlu difokuskan pada peningkatan
kualitas pelayanan secara konsisten, diimbangi dengan edukasi dan
promosi yang lebih masif untuk optimalisasi pemanfaatan layanan digital.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Dosen Pembimbing Mira Permata Sari, S.A.P., M.A.
Author(s) Fildzah Rahmawati - Personal Name (Pengarang)
Call Number SKR AP 2025
Subject(s) Digitalisasi Layanan Pengaduan Pajak, Kualitas Pel
Classification S250165
GMD Administrasi Publik
Publisher Institut STIAMI
Publishing Year 2025
Publishing Place Jakarta


Citation

Fildzah Rahmawati. (2025).Pengaruh Digitalisasi Layanan Pengaduan Pajak dan Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Jakarta Gambir Dua(Revision).Jakarta:Institut STIAMI

Fildzah Rahmawati.Pengaruh Digitalisasi Layanan Pengaduan Pajak dan Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Jakarta Gambir Dua(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik

Fildzah Rahmawati.Pengaruh Digitalisasi Layanan Pengaduan Pajak dan Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Jakarta Gambir Dua(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik

Fildzah Rahmawati.Pengaruh Digitalisasi Layanan Pengaduan Pajak dan Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Jakarta Gambir Dua(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik

 



Information

Repository merupakan kumpulan dari skripsi, tesis, jurnal, laporan penelitian, dll yang dapat di download secara gratis

Media Sosial

Facebook Repository STIAMI Official
Youtube Repository STIAMI Official
Instagram Repository STIAMI Official

Saran

Kami berharap masukan, kritik dan saran dari saudara/i semua terhadap Repository Institut STIAMI, harap hubungi kami

Klik