Pengaruh e-WOM Credibility dan Influencer Familiarity Terhadap Online Purchase Intentation untuk Konsumen Produk Sabun Kecantikan BDL di Tiktok (Studi Kasus Pada Pengguna Tiktok dan Produk Sabun Kecantikan BDL)
Fatmah Hamidah - Personal Name (Pengarang)
Administrasi Bisnis
2025
Jakarta : Institut STIAMI
Perkembangan media sosial yang pesat telah menciptakan peluang
strategis bagi pelaku bisnis untuk mempromosikan produk secara digital.
TikTok, sebagai salah satu platform media sosial dengan pertumbuhan
pengguna tertinggi, menjadi medium yang efektif dalam membentuk opini
konsumen melalui konten kreatif, endorsement, dan electronic word of
mouth (e-WOM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh eWOM credibility dan influencer familiarity terhadap online purchase
intention konsumen terhadap produk sabun kecantikan BDL yang
dipromosikan melalui TikTok oleh Fadil Jaidi sebagai influencer. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik
purposive sampling, melibatkan 190 responden pengguna TikTok yang
telah melihat konten promosi sabun BDL. Data dianalisis menggunakan
Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui
aplikasi SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-WOM
credibility dan influencer familiarity berpengaruh signifikan terhadap online
purchase intention, dengan memperoleh nilai sebezsar 55,5%. E-WOM
credibility terbukti meningkatkan kepercayaan terhadap produk, sementara
tingkat keakraban konsumen dengan influencer turut memperkuat niat beli
secara online. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis terhadap
literatur pemasaran digital serta implikasi praktis bagi perusahaan dalam
merancang strategi promosi berbasis media sosial secara lebih efektif dan
terarah.
Detail Information
Bagian
Informasi
Dosen Pembimbing
Dr. Ridfa Chairani, S.Psi., M.M.
Author(s)
Fatmah Hamidah - Personal Name (Pengarang)
Call Number
SKR AB 2025
Subject(s)
e-WOM credibility, influencer familiarity, online
Classification
S250162
GMD
Administrasi Bisnis
Publisher
Institut STIAMI
Publishing Year
2025
Publishing Place
Jakarta
Citation
APA Style
Fatmah Hamidah . (2025).
Pengaruh e-WOM Credibility dan Influencer Familiarity Terhadap Online Purchase Intentation untuk Konsumen Produk Sabun Kecantikan BDL di Tiktok (Studi Kasus Pada Pengguna Tiktok dan Produk Sabun Kecantikan BDL) (Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Chicago Style
Fatmah Hamidah .
Pengaruh e-WOM Credibility dan Influencer Familiarity Terhadap Online Purchase Intentation untuk Konsumen Produk Sabun Kecantikan BDL di Tiktok (Studi Kasus Pada Pengguna Tiktok dan Produk Sabun Kecantikan BDL) (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis
MLA Style
Fatmah Hamidah .
Pengaruh e-WOM Credibility dan Influencer Familiarity Terhadap Online Purchase Intentation untuk Konsumen Produk Sabun Kecantikan BDL di Tiktok (Studi Kasus Pada Pengguna Tiktok dan Produk Sabun Kecantikan BDL) (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis
Turabian Style
Fatmah Hamidah .
Pengaruh e-WOM Credibility dan Influencer Familiarity Terhadap Online Purchase Intentation untuk Konsumen Produk Sabun Kecantikan BDL di Tiktok (Studi Kasus Pada Pengguna Tiktok dan Produk Sabun Kecantikan BDL) (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis