Pengaruh Komunikasi Interpersonal Mentor dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Peserta Magang Aloshop Jakarta
Maemunah - Personal Name (Pengarang)
Manajemen Komunikasi
2025
Jakarta : Institut STIAMI
Pesatnya pertumbuhan industri agency di Indonesia menuntut perusahaan
untuk memiliki sumber daya manusia yang kompeten, termasuk perserta
magang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya kualitas
hubungan antara mentor dan peserta magang serta motivasi internal
dalam mendukung performa selama menjalani program magang,
khususnya dalam industri agency digital yang memiliki karakteristik kerja
dinamis dan multitugas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal dan motivasi kerja
terhadap kinerja peserta magang di Aloshop Jakarta. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 65
responden yang ditentukan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik
analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji
normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), uji korelasi
Pearson, analisis regresi linier berganda, uji t dan uji f, serta uji koefisien
determinasi Hasil dari pengujian koefisien regresi secara parsial
memperoleh nilai thitung pada variabel komunikasi interpersonal sebesar
3,389 dan variabel motivasi kerja memperoleh thitung sebesar 7,129, semua
perhitungan menunjukkan lebih besar dari perhitungan ttabel sebesar 1,999,
yang artinya masing-masing variabel bebas berpengaruh secara parsial
terhadap variabel terikat. Serta f secara simultan memperoleh hasil fhitung
sebesar 70.535 lebih besar daripada ftabel sebesar 3,15, sehingga dapat
disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal mentor dan motivasi kerja
secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja perserta magang
di Aloshop Jakarta. Adapun berdasarkan nilai koefisien determinasi,
komunikasi interpersonal mentor dan motivasi kerja berkontribusi sebear
69,5% terhadap kinerja peserta magang, sedangkan 30,5% sisanya
dipengaruhi oleh variabel lain di luar model regresi.
Detail Information
| Bagian |
Informasi |
| Dosen Pembimbing |
Dr. Sukarni Novita Sari, S.Sos., M.A. ; Ovi Olivia Belida, S.I.Kom., M.I.Kom. |
| Author(s) |
Maemunah - Personal Name (Pengarang) |
| Call Number |
SKR MK 2025 |
| Subject(s) |
Komunikasi Interpersonal, Motivasi Kerja, Kinerja
|
| Classification |
S250151 |
| GMD |
Manajemen Komunikasi |
| Publisher |
Institut STIAMI |
| Publishing Year |
2025 |
| Publishing Place |
Jakarta |
Citation
Maemunah. (2025).
Pengaruh Komunikasi Interpersonal Mentor dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Peserta Magang Aloshop Jakarta(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Maemunah.
Pengaruh Komunikasi Interpersonal Mentor dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Peserta Magang Aloshop Jakarta(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi
Maemunah.
Pengaruh Komunikasi Interpersonal Mentor dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Peserta Magang Aloshop Jakarta(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi
Maemunah.
Pengaruh Komunikasi Interpersonal Mentor dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Peserta Magang Aloshop Jakarta(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi