Pemanfaatan Komunikasi Digital Media Sosial Tiktok (@beritanasional.com) Sebagai Strategi Branding Publikasi Konten Berita
Perubahan pola konsumsi berita dari media konvensional menuju media
sosial menyebabkan stasiun televisi menghadapi tantangan serius dalam
mempertahankan relevansi dan kepercayaan audiens sehingga
meningkatnya popularitas media sosial TikTok di kalangan masyarakat
mendorong akun @beritanasional.com untuk memanfaatkannya sebagai
platform publikasi konten berita dengan mengimplementasikan strategi
komunikasi digital yang bertujuan meningkatkan kesadaran merek,
mempertahankan posisi merek, memperkuat identitas, dan membangun
loyalitas audiens di tengah persaingan industri media yang ketat serta
perubahan perilaku konsumsi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis penerapan strategi branding publikasi konten berita melalui
komunikasi digital di media sosial TikTok pada akun @beritanasional.com
berdasarkan dimensi kesadaran merek, posisi merek, identitas merek, dan
loyalitas merek yang terintegrasi dengan pemanfaatan unsur multimedia,
multichannel, dan multiplatform. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data melalui
wawancara semi-terstruktur dengan kepala divisi media sosial, observasi
non-partisipatif terbuka terhadap aktivitas pengelolaan akun, dan
dokumentasi konten yang diunggah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
strategi branding yang diterapkan mampu menjaga kesinambungan
informasi, meningkatkan keterlibatan dan interaksi audiens, memperluas
jangkauan konten, serta memperkuat citra merek @beritanasional.com di
TikTok melalui pengelolaan konten yang akurat, konsisten dan sesuai
karakteristik target audiens.
Detail Information
| Bagian |
Informasi |
| Dosen Pembimbing |
Dr. Wulan Furrie, S.I.Kom., M.I.Kom. ; Kikky Rizki Sapta Mathia, S.Kom., M.I.Kom. |
| Author(s) |
Fitria Maharani Zagita - Personal Name (Pengarang) |
| Call Number |
SKR MK 2025 |
| Subject(s) |
Strategi Branding, Media Sosial, TikTok
|
| Classification |
S250150 |
| GMD |
Manajemen Komunikasi |
| Publisher |
Institut STIAMI |
| Publishing Year |
2025 |
| Publishing Place |
Jakarta |
Citation
Fitria Maharani Zagita. (2025).
Pemanfaatan Komunikasi Digital Media Sosial Tiktok (@beritanasional.com) Sebagai Strategi Branding Publikasi Konten Berita(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Fitria Maharani Zagita.
Pemanfaatan Komunikasi Digital Media Sosial Tiktok (@beritanasional.com) Sebagai Strategi Branding Publikasi Konten Berita(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi
Fitria Maharani Zagita.
Pemanfaatan Komunikasi Digital Media Sosial Tiktok (@beritanasional.com) Sebagai Strategi Branding Publikasi Konten Berita(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi
Fitria Maharani Zagita.
Pemanfaatan Komunikasi Digital Media Sosial Tiktok (@beritanasional.com) Sebagai Strategi Branding Publikasi Konten Berita(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi