Analisis Isi Akun Instagram @nasionalberita dalam Meningkatkan Engagement di Era Digital


Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara masyarakat
mengakses informasi, termasuk di Indonesia. Instagram, yang kini menjadi
salah satu media sosial terpopuler dengan lebih dari 90 juta pengguna di
Indonesia, dimanfaatkan berbagai pihak, termasuk media berita. Berita
Nasional melalui akun Instagram @nasionalberita_ memanfaatkan platform
ini untuk menyampaikan informasi dan membangun engagement. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis isi akun instagram
@nasionalberita_ dalam meningkatkan engagement di era digital. Metode
penelitian yang digunakan adalah pendekatan metode kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan menggunakan data primer
melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta data sekunder yaitu
informasi dari buku, jurnal online, artikel, dan penelitian terdahulu. Teori
yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Instagram: Caption,
Hashtag, Map/geotage, Homepage, Feed, Explore, dan Profile oleh
Bambang Dwi Atmoko, dan teori engagement: Likes, Comment dan Share
oleh Pouyan Eslami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun
@nasionalberita_ telah berhasil memanfaatkan caption yang komunikatif
untuk menarik perhatian audiens; penggunaan hashtag relevan membantu
memperluas jangkauan konten; homepage akun tertata rapi sehingga
memudahkan navigasi; feed ditata konsisten dengan visual menarik; konten
explore sering muncul karena relevan dengan isu aktual; profile akun tampil
informatif dan profesional; jumlah likes cukup stabil sebagai indikasi
ketertarikan audiens; serta konten sering dibagikan (share) sebagai tanda
konten dinilai bermanfaat. Meski demikian, ditemukan hambatan pada
elemen map/geotag yang belum optimal digunakan, serta tingkat komentar
(comment) yang masih rendah. Penelitian ini menegaskan pentingnya
pengelolaan Instagram yang terintegrasi guna meningkatkan engagement
media berita di era digital.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Dosen Pembimbing Angelika Rosma, S.S., M.Si.
Author(s) Helvi Handayani - Personal Name (Pengarang)
Call Number SKR MK 2025
Subject(s) Analisis Isi Akun Instagram, Engagement, Digital
Classification S250149
GMD Manajemen Komunikasi
Publisher Institut STIAMI
Publishing Year 2025
Publishing Place Jakarta


Citation

Helvi Handayani. (2025).Analisis Isi Akun Instagram @nasionalberita dalam Meningkatkan Engagement di Era Digital(Revision).Jakarta:Institut STIAMI

Helvi Handayani.Analisis Isi Akun Instagram @nasionalberita dalam Meningkatkan Engagement di Era Digital(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi

Helvi Handayani.Analisis Isi Akun Instagram @nasionalberita dalam Meningkatkan Engagement di Era Digital(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi

Helvi Handayani.Analisis Isi Akun Instagram @nasionalberita dalam Meningkatkan Engagement di Era Digital(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi

 



Information

Repository merupakan kumpulan dari skripsi, tesis, jurnal, laporan penelitian, dll yang dapat di download secara gratis

Media Sosial

Facebook Repository STIAMI Official
Youtube Repository STIAMI Official
Instagram Repository STIAMI Official

Saran

Kami berharap masukan, kritik dan saran dari saudara/i semua terhadap Repository Institut STIAMI, harap hubungi kami

Klik