Analisis Isi Akun Instagram @nasionalberita dalam Meningkatkan Engagement di Era Digital
Helvi Handayani - Personal Name (Pengarang)
Manajemen Komunikasi
2025
Jakarta : Institut STIAMI
Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara masyarakat
mengakses informasi, termasuk di Indonesia. Instagram, yang kini menjadi
salah satu media sosial terpopuler dengan lebih dari 90 juta pengguna di
Indonesia, dimanfaatkan berbagai pihak, termasuk media berita. Berita
Nasional melalui akun Instagram @nasionalberita_ memanfaatkan platform
ini untuk menyampaikan informasi dan membangun engagement. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis isi akun instagram
@nasionalberita_ dalam meningkatkan engagement di era digital. Metode
penelitian yang digunakan adalah pendekatan metode kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan menggunakan data primer
melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta data sekunder yaitu
informasi dari buku, jurnal online, artikel, dan penelitian terdahulu. Teori
yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Instagram: Caption,
Hashtag, Map/geotage, Homepage, Feed, Explore, dan Profile oleh
Bambang Dwi Atmoko, dan teori engagement: Likes, Comment dan Share
oleh Pouyan Eslami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun
@nasionalberita_ telah berhasil memanfaatkan caption yang komunikatif
untuk menarik perhatian audiens; penggunaan hashtag relevan membantu
memperluas jangkauan konten; homepage akun tertata rapi sehingga
memudahkan navigasi; feed ditata konsisten dengan visual menarik; konten
explore sering muncul karena relevan dengan isu aktual; profile akun tampil
informatif dan profesional; jumlah likes cukup stabil sebagai indikasi
ketertarikan audiens; serta konten sering dibagikan (share) sebagai tanda
konten dinilai bermanfaat. Meski demikian, ditemukan hambatan pada
elemen map/geotag yang belum optimal digunakan, serta tingkat komentar
(comment) yang masih rendah. Penelitian ini menegaskan pentingnya
pengelolaan Instagram yang terintegrasi guna meningkatkan engagement
media berita di era digital.
Detail Information
| Bagian |
Informasi |
| Dosen Pembimbing |
Angelika Rosma, S.S., M.Si. |
| Author(s) |
Helvi Handayani - Personal Name (Pengarang) |
| Call Number |
SKR MK 2025 |
| Subject(s) |
Analisis Isi Akun Instagram, Engagement, Digital
|
| Classification |
S250149 |
| GMD |
Manajemen Komunikasi |
| Publisher |
Institut STIAMI |
| Publishing Year |
2025 |
| Publishing Place |
Jakarta |
Citation
Helvi Handayani. (2025).
Analisis Isi Akun Instagram @nasionalberita dalam Meningkatkan Engagement di Era Digital(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Helvi Handayani.
Analisis Isi Akun Instagram @nasionalberita dalam Meningkatkan Engagement di Era Digital(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi
Helvi Handayani.
Analisis Isi Akun Instagram @nasionalberita dalam Meningkatkan Engagement di Era Digital(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi
Helvi Handayani.
Analisis Isi Akun Instagram @nasionalberita dalam Meningkatkan Engagement di Era Digital(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi