Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Membangun Citra dan Kepercayaan Nasabah (Studi Kasus Aplikasi Rupiah Cepat)
Dea Azzahra - Personal Name (Pengarang)
Manajemen Komunikasi
2025
Jakarta : Institut STIAMI
Permasalahan terkait Kemudahan dari financial technology dapat
memberikan opsi positif dan negatif, di mana seseorang dapat
merencanakan keuangan lebih baik dengan kemudahan mengetahui harga
suatu produk sebelum membeli dan dapat melakukan survey sebelum
membeli sebagai opsi positif, serta kemudahan membeli dapat menjadi opsi
negatif jika menggunakan sistem pembayaran seperti kredit atau
peminjaman dimana negatifnya mengenai perilaku konsumtif. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran digital yang
dilakukan oleh aplikasi Rupiah Cepat dalam membangun citra dan
kepercayaan nasabah, serta untuk mengidentifikasi kendala dan solusi
yang dihadapi dalam proses tersebut. Metode yang digunakan adalah
kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara
mendalam terhadap enam informan, yang terdiri dari pihak internal
perusahaan dan nasabah aplikasi Rupiah Cepat. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital yang digunakan mencakup
penggunaan media sosial, konten edukatif, dan layanan interaktif berbasis
digital yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas serta membangun
hubungan emosional dengan nasabah. Namun demikian, ditemukan
beberapa kendala seperti kurangnya transparansi informasi, cara
penagihan yang kurang etis, serta rendahnya literasi digital nasabah yang
berdampak negatif terhadap citra dan tingkat kepercayaan. Sebagai solusi,
perusahaan perlu meningkatkan kualitas konten digital, memperbaiki etika
layanan pelanggan, serta mengembangkan komunikasi dua arah guna
memperkuat loyalitas dan kepercayaan nasabah.
Detail Information
| Bagian |
Informasi |
| Dosen Pembimbing |
RD. Dancu Lokita Pramesti Dewi, S.I.Kom., M.Si. ; Hafizh Faikar Agung Ramadhan, S.Kom., M.Si. |
| Author(s) |
Dea Azzahra - Personal Name (Pengarang) |
| Call Number |
SKR MK 2025 |
| Subject(s) |
Strategi, Komunikasi, Citra, Pemasaran Digital, Ke
|
| Classification |
S250147 |
| GMD |
Manajemen Komunikasi |
| Publisher |
Institut STIAMI |
| Publishing Year |
2025 |
| Publishing Place |
Jakarta |
Citation
Dea Azzahra. (2025).
Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Membangun Citra dan Kepercayaan Nasabah (Studi Kasus Aplikasi Rupiah Cepat)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Dea Azzahra.
Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Membangun Citra dan Kepercayaan Nasabah (Studi Kasus Aplikasi Rupiah Cepat)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi
Dea Azzahra.
Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Membangun Citra dan Kepercayaan Nasabah (Studi Kasus Aplikasi Rupiah Cepat)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi
Dea Azzahra.
Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Membangun Citra dan Kepercayaan Nasabah (Studi Kasus Aplikasi Rupiah Cepat)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi