Pengaruh Kualitas Layanan dan Kompetensi Pegawai Terhadap Tingkat Kepuasan Guru PAUD Pada Dinas Pendidikan Kota Depok
Henny Nur Hidayati - Personal Name (Pengarang)
Administrasi Publik
2025
Jakarta : Institut STIAMI
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan
pengaruh kualitas layanan dan kompetensi pegawai terhadap tingkat
kepuasan guru PAUD pada Dinas Pendidikan Kota Depok. Latar belakang
penelitian ini didasarkan pada pentingnya peran pelayanan publik yang
optimal dan profesional dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan,
khususnya di tingkat PAUD. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan metode survey, di mana data dikumpulkan melalui
penyebaran kuesioner kepada guru PAUD yang berada di bawah binaan
Dinas Pendidikan Kota Depok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas layanan dan kompetensi
pegawai terhadap kepuasan guru PAUD. Nilai rata-rata hasil penilaian
untuk variabel kualitas layanan adalah sebesar 3,84 yang berada dalam
kategori baik. Kompetensi pegawai memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,89
yang juga termasuk dalam kategori baik. Sementara itu, tingkat kepuasan
guru PAUD terhadap pelayanan yang diterima memperoleh nilai rata-rata
sebesar 3,79 dan tergolong dalam kategori baik. Temuan ini menunjukkan
bahwa baik kualitas layanan maupun kompetensi pegawai memiliki
kontribusi yang positif dalam membentuk persepsi dan kepuasan guru
PAUD terhadap pelayanan publik yang diberikan oleh Dinas Pendidikan
Kota Depok.
Detail Information
Citation
Henny Nur Hidayati. (2025).
Pengaruh Kualitas Layanan dan Kompetensi Pegawai Terhadap Tingkat Kepuasan Guru PAUD Pada Dinas Pendidikan Kota Depok(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Henny Nur Hidayati.
Pengaruh Kualitas Layanan dan Kompetensi Pegawai Terhadap Tingkat Kepuasan Guru PAUD Pada Dinas Pendidikan Kota Depok(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik
Henny Nur Hidayati.
Pengaruh Kualitas Layanan dan Kompetensi Pegawai Terhadap Tingkat Kepuasan Guru PAUD Pada Dinas Pendidikan Kota Depok(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik
Henny Nur Hidayati.
Pengaruh Kualitas Layanan dan Kompetensi Pegawai Terhadap Tingkat Kepuasan Guru PAUD Pada Dinas Pendidikan Kota Depok(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik