Analisis Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Puskesmas Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat


Pengaduan Publik adalah bentuk penerapan dari pengawasan masyarakat
yang disampaikan oleh masyarakat, baik secara lisan maupun tertulis
berupa sumbangan pikiran, saran, gagasan atau keluhan/pengaduan yang
bersifat membangun. Pengaduan masyarakat dalam pelayanan publik
umum terjadi ketika masyarakat selaku pengguna layanan tidak puas atas
pelayanan yang diberikan, bahkan menambah kekecewaan ketika
pengaduan yang disampaikan tidak dikelola atau ditanggapi secara baik
oleh petugas pengaduan. Tujuan Penelitian ini untuk Mengetahui sistem
pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Puskesmas Kecamatan Johar
Baru Jakarta Pusat, Hambatan dan Upaya yang dilakukan.Penelitian ini
adalah deskriptif Kualitatif, karena tujuan dari penelitian deskriptif yaitu
untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual
dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena
yang diselidiki.Pengelolaan pengaduan masyarakat di Puskesmas
Kecamatan Johar Baru telah berjalan melalui beberapa kanal seperti Survei
Kepuasan Masyarakat (SKM), formulir pengaduan online dengan kanal
Cepat Respon Masyarakat (CRM), yang termasuk SCAN QR code, dan
pengaduan langsung.Pengaduan yang masuk umumnya terkait aspek
pelayanan, sikap petugas, waktu tunggu, dan ketersediaan informasi.
Proses tindak lanjut dilakukan oleh tim pengelola pengaduan, dengan
upaya memberikan solusi dan umpan balik kepada pelapor secara
transparan dan akuntabel.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Dosen Pembimbing Ayu Pratiwi Paramitha, S.A.P., M.A.
Author(s) Dio Pratama Putra - Personal Name (Pengarang)
Call Number SKR AP 2025
Subject(s) Pengelolaan pengaduan masyarakat, Survei Kepuasan
Classification S250124
GMD Administrasi Publik
Publisher Institut STIAMI
Publishing Year 2025
Publishing Place Jakarta


Citation

Dio Pratama Putra. (2025).Analisis Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Puskesmas Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat(Revision).Jakarta:Institut STIAMI

Dio Pratama Putra.Analisis Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Puskesmas Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik

Dio Pratama Putra.Analisis Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Puskesmas Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik

Dio Pratama Putra.Analisis Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Puskesmas Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik

 



Information

Repository merupakan kumpulan dari skripsi, tesis, jurnal, laporan penelitian, dll yang dapat di download secara gratis

Media Sosial

Facebook Repository STIAMI Official
Youtube Repository STIAMI Official
Instagram Repository STIAMI Official

Saran

Kami berharap masukan, kritik dan saran dari saudara/i semua terhadap Repository Institut STIAMI, harap hubungi kami

Klik