Strategi Marketing Public Relations Zakat Sukses Untuk Meningkatkan Loyalitas Donatur dan Relawan di Kota Depok
Muhamad Rizki Akbar - Personal Name (Pengarang)
Manajemen Komunikasi
2025
Jakarta : Institut STIAMI
Marketing Public Relations memainkan peran penting dalam membangun
pemahaman bersama dengan publik dan membangun kepercayaan pelanggan
terhadap lembaga. Persaingan yang tinggi antar lembaga zakat menyebabkan
daya minat pelanggan terpecah sehingga LAZ Zakat Sukses meningkatkan
strategi Marketing Public Relations untuk meningkatkan kepercayaan dan
loyalitas pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
strategi ini meningkatkan loyalitas donatur dan relawan. Teori yang digunakan
adalah teori Marketing Public Relations menurut Kotler & Keller dengan tujuh
dimensi serta teori Loyalitas Pelanggan menurut Griffin dengan empat dimensi.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi,
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Marketing
Public Relations yang diterapkan oleh LAZ Zakat Sukses efektif dalam menjaga
citra lembaga dan meningkatkan loyalitas donatur dan relawan pada 11 dimensi
yang diteliti. Namun ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, yaitu pada
dimensi publikasi, berita, dan menunjukkan kekebalan dari daya tarik produk
sejenis dari pesaing. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi
pada pengembangan ilmu manajemen komunikasi, khususnya dalam bidang
Marketing Public Relations dan pengelolaan zakat. Selain itu, penelitian ini juga
diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi LAZ Zakat Sukses dalam
meningkatkan strategi komunikasi dan loyalitas donatur serta relawan di masa
mendatang.
Detail Information
| Bagian |
Informasi |
| Dosen Pembimbing |
Angelika Rosma, S.S., M.Si. |
| Author(s) |
Muhamad Rizki Akbar - Personal Name (Pengarang) |
| Call Number |
SKR MK 2025 |
| Subject(s) |
Marketing Public Relations, Loyalitas, Zakat
|
| Classification |
S250122 |
| GMD |
Manajemen Komunikasi |
| Publisher |
Institut STIAMI |
| Publishing Year |
2025 |
| Publishing Place |
Jakarta |
Citation
Muhamad Rizki Akbar. (2025).
Strategi Marketing Public Relations Zakat Sukses Untuk Meningkatkan Loyalitas Donatur dan Relawan di Kota Depok(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Muhamad Rizki Akbar.
Strategi Marketing Public Relations Zakat Sukses Untuk Meningkatkan Loyalitas Donatur dan Relawan di Kota Depok(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi
Muhamad Rizki Akbar.
Strategi Marketing Public Relations Zakat Sukses Untuk Meningkatkan Loyalitas Donatur dan Relawan di Kota Depok(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi
Muhamad Rizki Akbar.
Strategi Marketing Public Relations Zakat Sukses Untuk Meningkatkan Loyalitas Donatur dan Relawan di Kota Depok(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Manajemen Komunikasi