Pengaruh Viral Marketing dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Lipstik Hanasui di Platform Tiktok Shop
Nabila Oktavani - Personal Name (Pengarang)
Administrasi Bisnis
2025
Jakarta : Institut STIAMI
Media sosial kini berperan penting dalam memengaruhi perilaku
konsumen, terutama dalam hal pengambilan keputusan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Viral Marketing dan
Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian produk lipstik
Hanasui di TikTok shop, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian
ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan teknik
pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara online kepada
130 responden yang pernah membeli produk lipstik Hanasui lewat TikTok
shop. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS versi 25 melalui uji
instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas) uji asumsi klasik (uji normalitas,
uji multikolineritas, dan uji heteroskedastisitas), analisis regresi linier
berganda, uji hipotesis (uji t, uji F, dan koefisien determinasi) Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Viral Marketing (X1) berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), dengan nilai
signifikansi 0,000 < 0,05 dan t hitung 7,268 > t tabel 1,978. Online
Customer Review (X2) juga berpengaruh positif dan signifikan dengan
nilai signifikansi 0,008 < 0,05 dan t hitung 2,680 > t tabel 1,978. Secara
simultan, kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap Keputusan
Pembelian, dibuktikan dengan F hitung 146,871 > F tabel 3,067 dan
signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,693
menunjukkan bahwa 69,3% Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh Viral
Marketing dan Online Customer Review, sedangkan 30,7% sisanya
dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Detail Information
Citation
Nabila Oktavani. (2025).
Pengaruh Viral Marketing dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Lipstik Hanasui di Platform Tiktok Shop(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Nabila Oktavani.
Pengaruh Viral Marketing dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Lipstik Hanasui di Platform Tiktok Shop(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis
Nabila Oktavani.
Pengaruh Viral Marketing dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Lipstik Hanasui di Platform Tiktok Shop(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis
Nabila Oktavani.
Pengaruh Viral Marketing dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Lipstik Hanasui di Platform Tiktok Shop(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis