Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pasien Klinik Eksekutif Rafflesia di Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo, Jakarta Timur


Pelayanan kesehatan yang berkualitas menjadi tuntutan utama
masyarakat, sehingga rumah sakit tidak hanya dituntut untuk memberikan
pelayanan medis yang tepat dan cepat, tetapi juga harus mampu
menciptakan pengalaman yang memuaskan serta membangun
kepercayaan dan loyalitas pasien. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis dan mengevaluasi pengaruh kualitas pelayanan dan
kepuasan, baik secara parsial maupun simultan, terhadap loyalitas pasien
Klinik Eksekutif Rafflesia di RSUD Pasar Rebo, Jakarta Timur. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner yang disebar
dengan metode non-probability sampling. Populasi dalam penelitian
berjumlah 7.529 orang dan mengambil sampel sebanyak 100 responden
dengan menggunakan rumus Cochran. Berdasarkan hasil penelitian,
disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh parsial terhadap
Loyalitas Pasien sebesar 34,8%, dan Kepuasan Pasien sebesar 37,7%.
Secara simultan, kedua variabel tersebut berpengaruh terhadap Loyalitas
Pasien sebesar 43,6%. Sisanya, sebesar 56,4%, dipengaruhi oleh faktor
lain di luar variabel penelitian ini. Disarankan agar Klinik Eksekutif Rafflesia
RSUD Pasar Rebo meningkatkan kompetensi petugas dalam memahami
kebutuhan pasien, mengevaluasi dan memastikan penerapan standar mutu
layanan, serta membangun kepercayaan dan hubungan jangka panjang
deng


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Dosen Pembimbing Ade Firmansyah, S.EI. MM
Author(s) Baiq Dina Ferdiyanti - Personal Name (Pengarang)
Call Number SKR AB 2025
Subject(s) Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Loyalitas Pas
Classification S250108
GMD Administrasi Bisnis
Publisher Institut STIAMI
Publishing Year 2025
Publishing Place Jakarta


Citation

Baiq Dina Ferdiyanti. (2025).Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pasien Klinik Eksekutif Rafflesia di Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo, Jakarta Timur(Revision).Jakarta:Institut STIAMI

Baiq Dina Ferdiyanti.Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pasien Klinik Eksekutif Rafflesia di Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo, Jakarta Timur(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis

Baiq Dina Ferdiyanti.Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pasien Klinik Eksekutif Rafflesia di Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo, Jakarta Timur(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis

Baiq Dina Ferdiyanti.Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pasien Klinik Eksekutif Rafflesia di Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo, Jakarta Timur(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis

 



Information

Repository merupakan kumpulan dari skripsi, tesis, jurnal, laporan penelitian, dll yang dapat di download secara gratis

Media Sosial

Facebook Repository STIAMI Official
Youtube Repository STIAMI Official
Instagram Repository STIAMI Official

Saran

Kami berharap masukan, kritik dan saran dari saudara/i semua terhadap Repository Institut STIAMI, harap hubungi kami

Klik