Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel (Studi Kasus Mahasiswa Instiut STIAMI Prodi Administrasi Bisnis)
Syachreza Akbar - Personal Name (Pengarang)
Administrasi Bisnis
2025
Jakarta : Institut STIAMI
Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola aktivitas sehari-hari
masyarakat, baik dalam aspek sosial, pendidikan, bisnis, hingga pelayanan
publik. Salah satu dampak nyata dari perubahan ini adalah meningkatnya
kebutuhan akan layanan komunikasi seluler yang kini menjadi bagian
penting dari kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas
pelanggan Telkomsel, dengan fokus pada mahasiswa Program Studi
Administrasi Bisnis Institut Stiami sebagai objek penelitian. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui
penyebaran kuesioner secara daring kepada 84 responden yang
merupakan pengguna atau mantan pengguna kartu Telkomsel. Pengolahan
data dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 31, melalui tahapan
uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (normalitas,
multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda,
serta pengujian hipotesis (uji t, uji F, dan koefisien determinasi). Hasil
analisis menunjukkan bahwa variabel harga (X1) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) dengan nilai signifikansi 0,001 <
0,05 dan t hitung sebesar 4,469 > t tabel 1,989. Begitu pula dengan variabel
kualitas pelayanan (X2) yang menunjukkan pengaruh positif dan signifikan
dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan t hitung sebesar 5,485 > t tabel
1,989. Secara simultan, kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas pelanggan, dibuktikan dengan F hitung sebesar 42,057 > F tabel
3,109 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Nilai Adjusted R Square sebesar
0,497 menunjukkan bahwa kombinasi variabel harga dan kualitas
pelayanan mampu menjelaskan 49,7% variabel loyalitas pelanggan,
sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Detail Information
Citation
Syachreza Akbar. (2025).
Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel (Studi Kasus Mahasiswa Instiut STIAMI Prodi Administrasi Bisnis)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Syachreza Akbar.
Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel (Studi Kasus Mahasiswa Instiut STIAMI Prodi Administrasi Bisnis)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis
Syachreza Akbar.
Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel (Studi Kasus Mahasiswa Instiut STIAMI Prodi Administrasi Bisnis)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis
Syachreza Akbar.
Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel (Studi Kasus Mahasiswa Instiut STIAMI Prodi Administrasi Bisnis)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis