Analisis Efektivitas Pengaduan Masyarakat Dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kelurahanan Sumur Batu


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya efektivitas pengaduan
masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di
Kelurahan Sumur Batu. Dari 1.992 pengaduan pada tahun 2024,
sebanyak 17% belum terselesaikan sesuai standar waktu layanan.
Kondisi ini menunjukan masih adanya keterlambatan, keterbatasan
fasilitas, dan penanganan pengaduan yang belum optimal sehingga
menurunkan kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap
pelayanan kelurahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
efektivitas pelayanan pengaduan masyarakat serta hambatan yang
dihadapi dalam proses pelayanan di Kelurahan Sumur Batu,
Kecamatan Kemayoran, DKI Jakarta. Metode yang digunakan adalah
metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lima
dimensi efektivitas pelayanan yaitu tangible, reliability,
responsiveness, assurance, dan empathy digunakan sebagai acuan
untuk mendeskripsikan tingkat efektivitas pelayanan pengaduan
masyarakat di kelurahan tersebut. Data diperoleh secara langsung
melalui wawancara dan observasi di Kantor Kelurahan Sumur Batu
dengan melibatkan pegawai pemberi layanan serta masyarakat
penerima layanan pengaduan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pelayanan pengaduan masyarakat di Kelurahan Sumur Batu telah
berjalan dengan cukup baik dan sesuai dengan standar yang berlaku.
Namun demikian, masih terdapat kendala pada aspek tangible, yaitu
fasilitas pelayanan pengaduan yang kurang memadai. Proses
pengaduan masih dilakukan di area terbuka karena belum tersedianya
ruangan khusus, sehingga mengurangi kenyamanan masyarakat saat
menyampaikan pengaduan.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Dosen Pembimbing Dr. Tulus Santoso, S.Sos. MA
Author(s) Devincka Ramadani - Personal Name (Pengarang)
Call Number SKR AP 2025
Subject(s) Efektivitas, Pelayanan Pengaduan
Classification Devincka Ramadani
GMD Administrasi Publik
Publisher Institut STIAMI
Publishing Year 2025
Publishing Place Jakarta


Citation

Devincka Ramadani. (2025).Analisis Efektivitas Pengaduan Masyarakat Dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kelurahanan Sumur Batu(Revision).Jakarta:Institut STIAMI

Devincka Ramadani.Analisis Efektivitas Pengaduan Masyarakat Dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kelurahanan Sumur Batu(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik

Devincka Ramadani.Analisis Efektivitas Pengaduan Masyarakat Dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kelurahanan Sumur Batu(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik

Devincka Ramadani.Analisis Efektivitas Pengaduan Masyarakat Dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kelurahanan Sumur Batu(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik

 



Information

Repository merupakan kumpulan dari skripsi, tesis, jurnal, laporan penelitian, dll yang dapat di download secara gratis

Media Sosial

Facebook Repository STIAMI Official
Youtube Repository STIAMI Official
Instagram Repository STIAMI Official

Saran

Kami berharap masukan, kritik dan saran dari saudara/i semua terhadap Repository Institut STIAMI, harap hubungi kami

Klik