Analisis Efektivitas Pelayanan Digital Samsat Keliling Dalam Rangka Meningkatkan Kemudahan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Daerah Bekasi
Latar Belakang Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas
pelayanan digital dan Samsat Keliling dalam meningkatkan kemudahan
pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kantor Samsat Daerah Bekasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
case study research (studi kasus). Data diperoleh melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan berbagai
pihak yaitu regulator, wajib pajak, dan akademisi. Temuan pertama
menemukan bahwa pelayanan digital dan samsat keliling telah cukup
efektif dalam meningkatkan kemudahan pelayanan pajak kendaraan
bermotor pada kantor samsat di Daerah Bekasi.
Tujuan untuk Efektivitas layanan ini, jika dilihat dari lima dimensi—content,
accuracy, format, ease of use, dan timeliness—menunjukkan hasil yang
positif. Hal ini juga sejalan dengan hasil observasi yang dilakukan peneliti.
Meskipun demikian, ada harapan agar sistem yang ada terus ditingkatkan.
Metode Penelitian Yang digunakan untuk Peningkatan tersebut dapat
mencakup penyempurnaan informasi yang disediakan (content),
peningkatan keandalan dan pembaruan data (accuracy), perbaikan
antarmuka pengguna (format), penyederhanaan proses penggunaan
(ease of use), dan percepatan respon serta penyelesaian transaksi
(timeliness). Temuan kedua dalam penelitian ini adalah terdapat
hambatan pelayanan digital dan samsat keliling di daerah Bekasi yang
disebabkan oleh beberapa factor kendala, seperti: kurangnya pemahaman
masyarakat tentang penggunaan teknologi, adanya masalah jaringan
internet, adanya factor kendala teknis (masalah computer, printer, serta
kendaraan operasioal yang terkadang mengalami kerusakan), dan adanya
factor kendala non teknis (kesulitan dalam pejadwalan layanan untuk
menjangkau daerah lain, serta kendala terkait cuaca yang mengahambat
mobilitas samsat keliling). Temuan ketiga penelitian ini yaitu terkait
dengan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan
pelayanan digital dan samsat keliling. Upaya-upaya yang dapat dilakukan
diantaranya: peningkatan infrastruktur teknologi, pelatihan petugas,
sosialisasi intensif kepada masyarakat tentang penggunaan layanan,
peningkatan kualitas aplikasi layanan, penyediaan pusat bantuan teknis,
peningkatan kerja sama dengan penyedia layanan internet,
pengembangan aplikasi mobile yang lebih user-friendly, penambahan fitur
seperti reminder otomatis dan chatbot, serta meningkatkan jumlah titik
layanan Samsat Keliling.
Kesimpulan untuk mempermudah masyarakat dalam kepatuhan dalam
pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan menggunakan Aplikasi
yang sudah dapat melalui media teknologi.
Detail Information
Citation
APA Style
Adelyna Kesumah Dewi . (2025).
Analisis Efektivitas Pelayanan Digital Samsat Keliling Dalam Rangka Meningkatkan Kemudahan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Daerah Bekasi (Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Chicago Style
Adelyna Kesumah Dewi .
Analisis Efektivitas Pelayanan Digital Samsat Keliling Dalam Rangka Meningkatkan Kemudahan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Daerah Bekasi (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik
MLA Style
Adelyna Kesumah Dewi .
Analisis Efektivitas Pelayanan Digital Samsat Keliling Dalam Rangka Meningkatkan Kemudahan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Daerah Bekasi (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik
Turabian Style
Adelyna Kesumah Dewi .
Analisis Efektivitas Pelayanan Digital Samsat Keliling Dalam Rangka Meningkatkan Kemudahan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Daerah Bekasi (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Publik