Pengaruh Sustainable Attitude dan Perfectionist Attitude terhadap Social Recommendation Use : (Studi Pada Konsumen Aplikasi Wisata di Indonesia)
Naala Choirunni'mah - Personal Name (Pengarang)
Administrasi Bisnis
2025
Jakarta : Institut STIAMI
Meningkatnya jumlah orang yang menggunakan aplikasi wisata di
Indonesia membuat pentingnya mengetahui apa yang memengaruhi
perilaku pengguna saat menggunakan rekomendasi sosial. Dalam dunia
pariwisata digital, sikap perfeksionis dan sikap berkelanjutan (sustainable
attitude) dianggap sebagai variabel penting yang dapat memengaruhi
keputusan yang dibuat tentang rekomendasi sosial. Studi ini bertujuan
untuk mempelajari bagaimana sikap berkelanjutan dan sikap perfeksionis
berdampak pada penggunaan rekomendasi sosial oleh pengguna
aplikasi wisata di Indonesia. Metode kuantitatif digunakan, dengan
melakukan survei terhadap 301 pengguna Traveloka di Indonesia. Data
dianalisis menggunakan pemodelan equation structural berbasis Partial
Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap
berkelanjutan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan
rekomendasi sosial, meskipun pengaruhnya kecil (path coefficient 0,137;
p = 0,040). Sebaliknya, sikap perfeksionis memiliki pengaruh positif dan
signifikan (path coefficient 0,660; p = 0,001), menunjukkan bahwa
pengguna dengan sikap perfeksionis cenderung sangat memanfaatkan
rekomendasi sosial sebagai acuan utama dalam pengambilan keputusan
wisata, karena mereka memerlukan validasi eksternal untuk memastikan
bahwa keputusan yang diambil adalah pilihan yang terbaik. Pengembang
aplikasi dan pemasar dapat menggunakan temuan ini untuk membuat
strategi yang lebih efisien untuk meningkatkan pengalaman pengguna
dan mendorong wisata yang berkelanjutan.
Detail Information
Citation
Naala Choirunni'mah. (2025).
Pengaruh Sustainable Attitude dan Perfectionist Attitude terhadap Social Recommendation Use : (Studi Pada Konsumen Aplikasi Wisata di Indonesia)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Naala Choirunni'mah.
Pengaruh Sustainable Attitude dan Perfectionist Attitude terhadap Social Recommendation Use : (Studi Pada Konsumen Aplikasi Wisata di Indonesia)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis
Naala Choirunni'mah.
Pengaruh Sustainable Attitude dan Perfectionist Attitude terhadap Social Recommendation Use : (Studi Pada Konsumen Aplikasi Wisata di Indonesia)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis
Naala Choirunni'mah.
Pengaruh Sustainable Attitude dan Perfectionist Attitude terhadap Social Recommendation Use : (Studi Pada Konsumen Aplikasi Wisata di Indonesia)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis