Pengaruh Promosi dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelia (Studi Pada Layanan GOFOOD di Aplikasi GOJEK)
Adinda Fatimah - Personal Name (Pengarang)
Administrasi Bisnis
2025
Jakarta : Institut STIAMI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis besarnya
pengaruh promosi dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada
layanan GoFood di aplikasi Gojek. Hal ini didasari oleh permasalahan yang
dihadapi GoFood yaitu adanya penurunan penjualan selama 4 tahun
terakhir yakni dari tahun 2021 hingga 2024. Penelitian dilakukan di DKI
Jakarta dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh
melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 orang responden, yang
pernah menggunakan GoFood atau aplikasi pesan antar makanan lainnya.
Dalam pengolahannya, data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS
dengan metode regresi linier berganda dan pengujian asumsi klasik. Hasil
analisis menunjukkan bahwa promosi berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian, dengan nilai t hitung 2,806 dan signifikansi 0,006
(<0,05). Gaya hidup juga memberikan pengaruh signifikan, terbukti dari nilai
t hitung 7,161 dan signifikansi dibawah 0,001 (<0,05). Selain itu, uji F
memperlihatkan bahwa promosi dan gaya hidup secara bersama-sama
memengaruhi keputusan pembelian. Kesimpulan besarnya pengaruh
variabel promosi terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 53,4%,
sedangkan variabel gaya hidup memberikan pengaruh sebesar 67,1%.
Secara simultan, kedua variabel (promosi dan gaya hidup) memengaruhi
keputusan pembelian sebesar 69,5%.
Detail Information
| Bagian |
Informasi |
| Dosen Pembimbing |
Drs. Juardi, M.M., M.Si. |
| Author(s) |
Adinda Fatimah - Personal Name (Pengarang) |
| Call Number |
SKR AB 2025 |
| Subject(s) |
Promosi; Gaya Hidup; Keputusan Pembelian.
|
| Classification |
S250071 |
| GMD |
Administrasi Bisnis |
| Publisher |
Institut STIAMI |
| Publishing Year |
2025 |
| Publishing Place |
Jakarta |
Citation
Adinda Fatimah. (2025).
Pengaruh Promosi dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelia (Studi Pada Layanan GOFOOD di Aplikasi GOJEK)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Adinda Fatimah.
Pengaruh Promosi dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelia (Studi Pada Layanan GOFOOD di Aplikasi GOJEK)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis
Adinda Fatimah.
Pengaruh Promosi dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelia (Studi Pada Layanan GOFOOD di Aplikasi GOJEK)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis
Adinda Fatimah.
Pengaruh Promosi dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelia (Studi Pada Layanan GOFOOD di Aplikasi GOJEK)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis