Analisis Strategi Pengembangan Bisnis untuk Meningkatkan Penjualan Produk Fashion (Studi Kasus Pada UMKM Galery Sopia Jakarta Utara)
Ratih Widhianingsih - Personal Name (Pengarang)
Administrasi Bisnis
2025
Jakarta : Institut STIAMI
Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk
menganalisis strategi pengembangan bisnis untuk meningkatkan
penjualan produk fashion (Studi Kasus Pada UMKM Galery Sopia
Jakarta Utara). Batik adalah warisan budaya Indonesia yang diakui
UNESCO sebagai warisan kemanusiaan lisan dan nonbendawi. Batik
juga mempunyai sejarah yang panjang dan menjadi bagian penting dari
kebudayaan Indonesia, bahkan di kalangan bangsawan. Di kalangan
bangsawan, batik mempunyai makna dan nilai yang lebih dalam. Batik
tidak hanya memiliki makna dan nilai yang lebih dalam, tetapi juga
memiliki beragam motif dan corak yang unik, serta teknik
pembuatannya yang rumit dan indah. Hal ini batik menyesuaikan
fashion yang ada sehingga fleksibel digunakan dalam setiap momen.
Mulai dari fashion batik atasan, bawahan dan aksesori yang di desain
simpel namun tetap modis. Hal tersebut membuat batik menjadi lebih
mudah masuk ke industri fashion. Narasumber (Informan) yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Owner, Penjahit, Admin,
Pelanggan 1, Pelanggan 2 yang ada di Galery Sopia, & Dosen/Praktisi
STIAMI. Data dalam penelitian ini diperoleh dari dokumen,
wawancara, observasi, dan tinjauan pustaka (Metode kualitatif).
Analisis data yang digunakan yaitu mengorganisasikan data ke
dalam kategori, menjabarkan, melakukan sintesa, menyusun ke dalam
pola, menyaring data penting, dan membuat kesimpulan (Metode
kualitatif). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Galery Sopia dalam
memasarkan produk mereka menerapkan bauran pemasaran yang
meliputi produk, harga, promosi, dan tempat, dan telah memproduksi
2000 pcs setiap tahunnya untuk mendapatkan banyak permintaan
mengenai baju-baju batik.
Detail Information
| Bagian |
Informasi |
| Dosen Pembimbing |
Dewi Nurbaiti, S.I.Kom., M.M. |
| Author(s) |
Ratih Widhianingsih - Personal Name (Pengarang) |
| Call Number |
SKR AB 2025 |
| Subject(s) |
Bauran Pemasaran, Batik
|
| Classification |
S250027 |
| GMD |
Administrasi Bisnis |
| Publisher |
Institut STIAMI |
| Publishing Year |
2025 |
| Publishing Place |
Jakarta |
Citation
Ratih Widhianingsih. (2025).
Analisis Strategi Pengembangan Bisnis untuk Meningkatkan Penjualan Produk Fashion (Studi Kasus Pada UMKM Galery Sopia Jakarta Utara)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Ratih Widhianingsih.
Analisis Strategi Pengembangan Bisnis untuk Meningkatkan Penjualan Produk Fashion (Studi Kasus Pada UMKM Galery Sopia Jakarta Utara)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis
Ratih Widhianingsih.
Analisis Strategi Pengembangan Bisnis untuk Meningkatkan Penjualan Produk Fashion (Studi Kasus Pada UMKM Galery Sopia Jakarta Utara)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis
Ratih Widhianingsih.
Analisis Strategi Pengembangan Bisnis untuk Meningkatkan Penjualan Produk Fashion (Studi Kasus Pada UMKM Galery Sopia Jakarta Utara)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Administrasi Bisnis