PELAYANAN PERUBAHAN DATA PEMBERITAHUAN IMPOR BARANG JALUR HIJAU PADA KANTOR PELAYANAN UTAMA BEA DAN CUKAI TIPE A TANJUNG PRIOK
Pengamatan ini mengambil topik pelayanan perubahan data
Pemberitahuan Impor Barang (PIB) jalur hijau pada Kantor Pelayanan
Utama Bea dan Cukai (KPUBC) Tipe A Tanjung Priok. Fokus pengamatan
mencakup proses pelayanan, identifikasi kendala, dan upaya mengatasi
kendala dalam pelaksanaan layanan tersebut. Pengamatan dilakukan
menggunakan pendekatan kualitatif melalui observasi selama enam bulan
dan wawancara dengan tiga informan dari unit terkait. Hasil pengamatan
menunjukkan bahwa layanan telah didigitalisasi melalui implementasi
Sistem Layanan Informasi Mandiri (SLIM) dan Sistem Informasi dan
Administrasi Pegawai New Generation (SIAP NG) serta telah tersertifikasi
Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dan Sistem Manajemen Anti
Penyuaoan 37001:2016 dengan janji layanan 12 jam kerja. Data periode
Januari hingga Juni 2024 menunjukkan dari 4.942 permohonan, 77,6%
disetujui, 19,3% dikembalikan untuk perbaikan, dan 3,1% ditolak. Kendala
utama yang teridentifikasi meliputi gangguan sistem daring dan lamanya
proses konfirmasi posisi barang. Upaya penanganan dilakukan melalui
penerapan prosedur kahar sesuai Instruksi Kerja Nomor ISK/KPU.1/131
Rev.03 dan koordinasi intensif antar unit terkait. Implikasi dari pengamatan
ini mendorong perlunya peningkatan kapasitas infrastruktur teknologi
informasi dan integrasi sistem untuk mengoptimalkan kualitas pelayanan.
Detail Information
Citation
Anggid Aji Wicaksono. (2025).
PELAYANAN PERUBAHAN DATA PEMBERITAHUAN IMPOR BARANG JALUR HIJAU PADA KANTOR PELAYANAN UTAMA BEA DAN CUKAI TIPE A TANJUNG PRIOK(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Anggid Aji Wicaksono.
PELAYANAN PERUBAHAN DATA PEMBERITAHUAN IMPOR BARANG JALUR HIJAU PADA KANTOR PELAYANAN UTAMA BEA DAN CUKAI TIPE A TANJUNG PRIOK(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Tugas Akhir
Anggid Aji Wicaksono.
PELAYANAN PERUBAHAN DATA PEMBERITAHUAN IMPOR BARANG JALUR HIJAU PADA KANTOR PELAYANAN UTAMA BEA DAN CUKAI TIPE A TANJUNG PRIOK(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Tugas Akhir
Anggid Aji Wicaksono.
PELAYANAN PERUBAHAN DATA PEMBERITAHUAN IMPOR BARANG JALUR HIJAU PADA KANTOR PELAYANAN UTAMA BEA DAN CUKAI TIPE A TANJUNG PRIOK(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Tugas Akhir