Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Bina Karakter Metode Jamaah Tabligh Di Perguruan Tinggi


Pendidikan agama Islam tidak dapat terlepas dari pendidikan berbasis
bina karakter pada setiap jenjang pendidikan apapun, berbagai macam cara dan
metode yang telah digunakan dalam pembinaan karakter agar dapat
menjadikan manusia yang berakhlaq mulia, menjaga adab dalam
kehidupannya, dan mentaati ajaran agamanya. Penelitian tentang pendidikan
berbasis bina karakter ini kami laksanakan di kampusInstitut STIAMI Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola pembelajaran
pendidikan agama Islam berbasis bina karakter metode jamaah Tabligh,
Kriteria dosen pengampuh mata kuliah pendidikan agama Islam, dan
Implementasi pembelajaran berbasis bina karakter dalam mewujudkan budaya
religius di kampus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
metode etnografi dan menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data,
penyajian data dan kesimpulan. Data dikumpulkan dengan cara observasi
partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Hasil dari Penelitian ini berupa pembelajaran pendidikan agama Islam
berbasis bina karakter metode jamaah Tabligh dalam mewujudkan budaya
religius di perguruan tinggi. Metode ini telah dilaksanakan di Institut STIAMI
Jakarta dengan cara, yaitu: (1) I’tikaf di masjid untuk karyawan dan dosen
dengan masa 3 setiap 3 bulan sekali dari kampus dan setiap bulan 3 hari dari
masjid masing-masing serta diijinkan bagi yang hendak keluar 40 hari dan 4
bulan, sedangkan untukmahasiswa 1 hari setiap bulan, 3 hari saat UTS dan
UAS, 40 hari saat liburan, dan 4 bulan setelah lulus kuliah (2) Taklim masturot
untuk mahasiswi yang ditangani khusus oleh dosen wanita setiap bulan dan
selesai UAS kadang-kadang diajak berkunjung ke pesantren yang
menggunakan metode jamaah Tabligh seperti Al-Fatah Temboro Jawa Timur,
Dirasah Islamiyyah Malaysia dan lain sebagainya.
Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis bina
karakter metode jamaah Tabligh sangat layak untuk dipergunakan dalam
pembinaan karakter dalam setiap jenjang pendidikan apapun. Pembelajaran
pendidikan berbasis bina karakter metode jamaah Tabligh telah terbukti
meningkatkan keimanan kepada Allah swt, akhlaq yang mulia, menjaga adab
dalam kehidupannya, dan semangat dalam mewujudkan budaya religius.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Dosen Pembimbing
Author(s) Nur Hasan - Personal Name (Pengarang)
Call Number DS DOS 2025
Subject(s) PAI, Pendidikan, Bina Karakter, Jamaah Tabligh
Classification SD0008
GMD Disertasi
Publisher Institut STIAMI
Publishing Year 2025
Publishing Place Jakarta


Citation

Nur Hasan. (2025).Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Bina Karakter Metode Jamaah Tabligh Di Perguruan Tinggi(Publish).Jakarta:Institut STIAMI

Nur Hasan.Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Bina Karakter Metode Jamaah Tabligh Di Perguruan Tinggi(Publish).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Disertasi

Nur Hasan.Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Bina Karakter Metode Jamaah Tabligh Di Perguruan Tinggi(Publish).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Disertasi

Nur Hasan.Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Bina Karakter Metode Jamaah Tabligh Di Perguruan Tinggi(Publish).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Disertasi

 



Information

Repository merupakan kumpulan dari skripsi, tesis, jurnal, laporan penelitian, dll yang dapat di download secara gratis

Media Sosial

Facebook Repository STIAMI Official
Youtube Repository STIAMI Official
Instagram Repository STIAMI Official

Saran

Kami berharap masukan, kritik dan saran dari saudara/i semua terhadap Repository Institut STIAMI, harap hubungi kami

Klik