Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Bina Karakter Metode Jamaah Tabligh Di Perguruan Tinggi
Nur Hasan - Personal Name (Pengarang)
Disertasi
2025
Jakarta : Institut STIAMI
Pendidikan agama Islam tidak dapat terlepas dari pendidikan berbasis
bina karakter pada setiap jenjang pendidikan apapun, berbagai macam cara dan
metode yang telah digunakan dalam pembinaan karakter agar dapat
menjadikan manusia yang berakhlaq mulia, menjaga adab dalam
kehidupannya, dan mentaati ajaran agamanya. Penelitian tentang pendidikan
berbasis bina karakter ini kami laksanakan di kampusInstitut STIAMI Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola pembelajaran
pendidikan agama Islam berbasis bina karakter metode jamaah Tabligh,
Kriteria dosen pengampuh mata kuliah pendidikan agama Islam, dan
Implementasi pembelajaran berbasis bina karakter dalam mewujudkan budaya
religius di kampus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
metode etnografi dan menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data,
penyajian data dan kesimpulan. Data dikumpulkan dengan cara observasi
partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Hasil dari Penelitian ini berupa pembelajaran pendidikan agama Islam
berbasis bina karakter metode jamaah Tabligh dalam mewujudkan budaya
religius di perguruan tinggi. Metode ini telah dilaksanakan di Institut STIAMI
Jakarta dengan cara, yaitu: (1) Iātikaf di masjid untuk karyawan dan dosen
dengan masa 3 setiap 3 bulan sekali dari kampus dan setiap bulan 3 hari dari
masjid masing-masing serta diijinkan bagi yang hendak keluar 40 hari dan 4
bulan, sedangkan untukmahasiswa 1 hari setiap bulan, 3 hari saat UTS dan
UAS, 40 hari saat liburan, dan 4 bulan setelah lulus kuliah (2) Taklim masturot
untuk mahasiswi yang ditangani khusus oleh dosen wanita setiap bulan dan
selesai UAS kadang-kadang diajak berkunjung ke pesantren yang
menggunakan metode jamaah Tabligh seperti Al-Fatah Temboro Jawa Timur,
Dirasah Islamiyyah Malaysia dan lain sebagainya.
Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis bina
karakter metode jamaah Tabligh sangat layak untuk dipergunakan dalam
pembinaan karakter dalam setiap jenjang pendidikan apapun. Pembelajaran
pendidikan berbasis bina karakter metode jamaah Tabligh telah terbukti
meningkatkan keimanan kepada Allah swt, akhlaq yang mulia, menjaga adab
dalam kehidupannya, dan semangat dalam mewujudkan budaya religius.
Detail Information
Citation
Nur Hasan. (2025).
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Bina Karakter Metode Jamaah Tabligh Di Perguruan Tinggi(Publish).Jakarta:Institut STIAMI
Nur Hasan.
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Bina Karakter Metode Jamaah Tabligh Di Perguruan Tinggi(Publish).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Disertasi
Nur Hasan.
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Bina Karakter Metode Jamaah Tabligh Di Perguruan Tinggi(Publish).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Disertasi
Nur Hasan.
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Bina Karakter Metode Jamaah Tabligh Di Perguruan Tinggi(Publish).Jakarta:Institut STIAMI,2025.Disertasi