Record Detail

Strategi Komunikasi Digital Parenting Dalam Membentuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Sdit Prestasi Cendekia Tambun Utara)

Strategi Komunikasi Digital Parenting Dalam Membentuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Sdit Prestasi Cendekia Tambun Utara)


Digital parenting adalah aspek penting di era digital, karena membantu
orang tua dan guru memahami, mengontrol, dan memengaruhi
penggunaan teknologi oleh anak-anak mereka. Digital Parenting
melibatkan pengajaran anak-anak tentang internet, media sosial, perangkat
seluler, dan platform digital lainnya. Ini membantu melindungi anak-anak
dari risiko online seperti penindasan maya dan konten berbahaya. sehingga
mengharuskan orang tua dan guru memberikan startegi komunikasi dan
dukungan yang baik kepada anak.Permasalahan yang dihadapi di SDIT
Prestasi Cendekia atau yang lazimnya disebut SDIT Taskia pada saat mata
pelajaran TIK didapati beberapa siswa tidak menggunakan gadget dan
komputer sesuai arahan para guru, membuat proses jalannya belajar di
kelas tidak kondusif dan tidak maksimal.Berdasarkan fenomena diatas
maka , para guru berinisiatif melakukan strategi komunikasi yakni
kolaborasi antara orang tua, guru, dan penyedia layanan pendidikan untuk
mendukung perkembangan kognitif anak. Sehingga ekosistem
pembelajaran dapat seimbang antara dunia nyata dan digital.Dengan
demikian, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Strategi
Komunikasi Digital parenting dalam membentuk perkembangan kognitif
anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode
pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi, hasil
penelitian ini menemukan bahwa strategi komuikasi digital parenting
mempunyai dampak positif terhadap perkembangan kognitif anak-anak,
terutama ketika orang tua dan guru bekerja sama untuk membimbing
penggunaan teknologi dengan beberapa strategi komunikasi berikut yaitu
hubungan aktif orangtua , Pemodelan prilaku guru dan orangtua , kontrol
prilaku lingkungan digital dirumah , Mengintegrasikan teknologi sebagai alat
pembelajaran , Pendekatan Teknologi konsisten Oleh Guru dan Orangtua.
Dalam pelaksanaan beberapa strategi tersebut peneliti menemukan
beberapa hambatan dan berikut adalah beberapa hambatan dalam
melakukan strategi komunikasi digital parenting, kesulitan dalam
Pengaturan Waktu penggunaan gadget, kesulitan dalam seleksi konten
positif digital yang sesuai usia anak, kurangnya pemahaman orangtua
tentang privasi keamanan digital, keterbatasan insfratuktur dan sumber
daya Pendidikan, kurangnya konsistensi antara rumah dan sekolah.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi digital parenting
sangat penting untuk mendorong perkembangan kognitif anak-anak di SDIT
Prestasi Cendekia, Tambun Utara, Bekasi, Salah satu hasil penting adalah
pendekatan yang efektif untuk berkomunikasi, kekonsistenan dalam
penggunaan teknologi, dan tantangan dalam menerapkan pendekatan
tersebut. Solusi termasuk meningkatkan kerja sama antara siswa dan orang
tua, memberikan pendidikan yang lebih baik dan lingkungan yang
mendukung teknologi bagi anak-anak, dan meningkatkan komunikasi
antara semua pihak yang terlibat dalam lingkungan sekolah.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Dosen Pembimbing Dr. Wulan Furrie, S.I.Kom, M.I.Kom
Author(s) Shofura Afifah Shibgohtullah - Personal Name (Pengarang)
Call Number TSS MIKOM 2024
Subject(s) Komunikasi, Digital Parenting, Strategi komunikasi
Classification T240019
GMD Tesis
Publisher Institut STIAMI
Publishing Year 2024
Publishing Place Jakarta


Citation

Shofura Afifah Shibgohtullah. (2024).Strategi Komunikasi Digital Parenting Dalam Membentuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Sdit Prestasi Cendekia Tambun Utara)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI

Shofura Afifah Shibgohtullah.Strategi Komunikasi Digital Parenting Dalam Membentuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Sdit Prestasi Cendekia Tambun Utara)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Tesis

Shofura Afifah Shibgohtullah.Strategi Komunikasi Digital Parenting Dalam Membentuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Sdit Prestasi Cendekia Tambun Utara)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Tesis

Shofura Afifah Shibgohtullah.Strategi Komunikasi Digital Parenting Dalam Membentuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Sdit Prestasi Cendekia Tambun Utara)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Tesis

 



Information

Repository merupakan kumpulan dari skripsi, tesis, jurnal, laporan penelitian, dll yang dapat di download secara gratis

Media Sosial

Facebook Repository STIAMI Official
Youtube Repository STIAMI Official
Instagram Repository STIAMI Official

Saran

Kami berharap masukan, kritik dan saran dari saudara/i semua terhadap Repository Institut STIAMI, harap hubungi kami

Klik