Strategi Komunikasi Politik Dan Opini Publik Pemenangan Pasangan Prabowo Gibran Pada Pemilu Presiden Dan Wakil Presiden Republik Indonesia Tahun 2024
Strategi Komunikasi Politik berkaitan dengan bagaimana menjelaskan
proses politik dari perspektif komunikasi. Penjelasan ini menunjukkan
bahwa dalam komunikasi politik ada komunikator politik, pesan politik,
saluran dan komunikan politik. Komunikasi politik Pasangan Calon
Presiden dan Calon Wakil Presiden (Paslon) nomor urut 2 Prabowo
Subianto-Gibran Rakabuming Raka dinilai sangat bagus. Komunikasi
keduanya sangat mudah diterima oleh masyarakat, khususnya pemilih
muda. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, Data primer yang
digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi
dengan beberapa informan yaitu 1 orang TKN/ Golkar/ Partai Pengusung,
1 orang Sekretaris TKN, 3 orang Masyarakat/Relawan. Hasil penelitian
menunjukkan Strategi komunikasi Prabowo-Gibran Pertama, paslon
Prabowo-Gibran memiliki tujuan untuk meyakinkan masyarakat,
terutama Generasi Z, tentang visi dan misi mereka sebagai calon
presiden. Tujuan ini mencakup upaya untuk membangun citra positif,
meningkatkan elektabilitas, dan memenangkan pemilihan presiden.
Kedua, paslon ini menggunakan berbagai strategi komunikasi persuasif,
seperti kampanye yang kreatif dan beragam, penggunaan media
sosial untuk menyebarkan pesan, dan partisipasi dalam debat untuk
memperkuat argumen dan visi mereka. Ketiga, paslon Prabowo-
Gibran menargetkan khususnya Generasi Z sebagai pemilih potensial
yang penting, menggunakan bahasa dan platform komunikasi yang
sesuai dengan preferensi dan kebiasaan Generasi Z untuk
meningkatkan daya tarik mereka. Dalam menghadapi Pemilihan
Presiden atau sering disebut sebagai pemilu pada tahun 2024. Calon
Presiden dan Calon Wakil Presiden yaitu Prabowo-Gibran dan timnya juga
memanfaatkan media dalam mengambil strategi berbeda untuk memikat
pemilihnya. Prabowo yang sebelumnya dicitrakan keras berubah menjadi
citra yang sebaliknya.
Detail Information
Citation
Hardi Fardiansyah. (2024).
Strategi Komunikasi Politik Dan Opini Publik Pemenangan Pasangan Prabowo Gibran Pada Pemilu Presiden Dan Wakil Presiden Republik Indonesia Tahun 2024(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Hardi Fardiansyah.
Strategi Komunikasi Politik Dan Opini Publik Pemenangan Pasangan Prabowo Gibran Pada Pemilu Presiden Dan Wakil Presiden Republik Indonesia Tahun 2024(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Tesis
Hardi Fardiansyah.
Strategi Komunikasi Politik Dan Opini Publik Pemenangan Pasangan Prabowo Gibran Pada Pemilu Presiden Dan Wakil Presiden Republik Indonesia Tahun 2024(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Tesis
Hardi Fardiansyah.
Strategi Komunikasi Politik Dan Opini Publik Pemenangan Pasangan Prabowo Gibran Pada Pemilu Presiden Dan Wakil Presiden Republik Indonesia Tahun 2024(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Tesis