Strategi Komunikasi Interpersonal Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa (SDN Sunter Agung 07 Jakarta Utara)
Alya Rahmania - Personal Name (Pengarang)
Manajemen Komunikasi
2023
Jakarta : Institut STIAMI
Komunikasi memegang peranan penting antara guru dan siswa dalam
interaksi di kehidupan sehari-hari pada saat pembelajaran. Dengan adanya
komunikasi akan saling berbagi informasi, menyampaikan perasaan, berinteraksi.
Seperti hal nya dalam proses belajar mengajar, seorang guru bisa dikatakan
komunikator yang menyampaikan informasi atau pesan kepada siswanya. Jika
komunikasi yang dilakukan oleh guru dan siswa berjalan dengan baik maka
terjadinya umpan balik yang diharapkan dapat mencapai tujuan komunikasi.
Penelitian ini untuk melihat bagaimana strategi komunikasi interpersonal
pembelajaran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa. Metode yang
digunakan dalam penelitian adalah kualitatif, yakni fokus pada pengamatan yang
mendalam yang bersifat deskriptif dan dengan menggunakan teknik pendekatan
secara case study research (studi kasus) dengan teknik pengumpulan data
observasi, wawancara, dokumentasi dan penentuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan strategi
komunikasi interpersonal kepada siswa remaja dalam meningkatkan minat belajar
dengan cara guru berinteraksi dengan siswa di kelas seperti keterbukaan, empati,
sikap positif, sikap mendukung dan kesetaraan dengan menggunakan teori
Komunikasi Interpersonal menurut (Joseph A. Devito, 2018: 4). dan cara
pembelajaran guru yang dilakukan yaitu dengan memahami siswa, melaksanakan
pembelajaran yang mendidik, mengevaluasi hasil belajar, mengembangkan
potensi peserta didik dengan menggunakan teori Pembelajaran Pedagogik
menurut (Kurniasih, Berlin Sari, 2017:78).
Hambatan yang terjadi di SDN Sunter Agung 07 Jakarta Utara yaitu ketika
guru kurang berpengalaman dalam mengajar dan siswa mudah cepat bosan serta
kesulitan dalam mengajar.
Solusinya guru harus melakukan pendekatan terhadap siswa dan guru
harus memahami serta mengenali karakter siswa, dengan adanya pendekatan
terhadap siswa tujuannya supaya siswa pada saat pembelajaran tertarik dan
mempunyai rasa minat untuk belajar.
Detail Information
| Bagian |
Informasi |
| Dosen Pembimbing |
Rd. Dancu Lokita, S.Ikom.,M.Si |
| Author(s) |
Alya Rahmania - Personal Name (Pengarang) |
| Call Number |
SKR IKOM 2023 |
| Subject(s) |
Strategi Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Gur
|
| Classification |
S230009 |
| GMD |
Manajemen Komunikasi |
| Publisher |
Institut STIAMI |
| Publishing Year |
2023 |
| Publishing Place |
Jakarta |
Citation
Alya Rahmania. (2023).
Strategi Komunikasi Interpersonal Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa (SDN Sunter Agung 07 Jakarta Utara)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Alya Rahmania.
Strategi Komunikasi Interpersonal Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa (SDN Sunter Agung 07 Jakarta Utara)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2023.Manajemen Komunikasi
Alya Rahmania.
Strategi Komunikasi Interpersonal Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa (SDN Sunter Agung 07 Jakarta Utara)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2023.Manajemen Komunikasi
Alya Rahmania.
Strategi Komunikasi Interpersonal Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa (SDN Sunter Agung 07 Jakarta Utara)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2023.Manajemen Komunikasi