MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN INSTITUT ILMU SOSIAL DAN MANAJEMEN STIAMI DI MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019
Pada masa pandemi covid-19, dunia pendidikan perguruan tinggi terdampak
pada berkurangnya penerimaan mahasiswa baru. Institut Stiami adalah salah satu
perguruan tinggi swasta yang terdampak pandemi Covid-19. Rumusan penelitian
bagaimana manajemen komunikasi pemasaran Institut Stiami di masa pandemi
covid-19. Tujuan penelitian untuk mengetahui Analisis Situasi, Perencanaan dan
Program, Implementasi, dan Evaluasi. Metode penelitian kualitatif deskriptif dengan
teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis
data yang digunakan analisis model tahap-tahap manajemen strategis (Hunger and
Wheelen, 2003) Pengamatan Lingkungan dengan analisis SWOT, Tahapan
Perumusan, Tahapan Implementasi, dan Tahapan Evaluasi dan Pengendalian.
Hasil penelitian pertama berdasarkan Pengamatan Lingkungan melalui analisis
SWOT, yang menjadi Kekuatan (Strenghts)adalah pada digital marketing melalui
media sosial Istagram, Facebook, Twitter, Whatsapp dan Website. Kelemahan
(Weakness) adalah terhambat dengan penggunaan dunia digital dan sumber daya
yang belum dipersiapkan dengan baik dalam mengkomunikasikan dan
menginformasikan produk di media sosial. Peluang (Opportunities)adalah dengan
strategi digital marketing lebih terjangkau dan luas. Ancaman (Threaths) adalah pada
sistem digital yang terus berkembang, penyelenggaraan perkuliahan secara online
dan daya beli calon mahasiswa atau orang tua mahasiswa yang menurun. Kedua
Perumusan Strategi, Institut Stiami memiliki Visi, Misi dan Tujuan yang
membedakan dengan kampus lain dalam hal produk, pasar, serta teknologinya.
Ketiga Implementasi Strategi Institut Stiami memiliki program dan pengembangan
program pada digital marketing melalui media sosial dengan membuat program-
program lebih menarik dan atraktif. Keempat Evaluasi dan Pengendalian, Institut
Stiami melakukan Evaluasi Kinerja dengan rapat yang diadakan secara online dan
offline, selanjutnya pengendalian kinerja dilakukan oleh pimpinan dengan
memberikan pengarahan, bimbingan, pendampingan dan motivasi terhadap kinerja
karyawan.
Detail Information
Citation
Jhulianfika Irrianda, S.Sos., M.I.Kom. (2022).
MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN INSTITUT ILMU SOSIAL DAN MANAJEMEN STIAMI DI MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019(Publish).Jakarta:Institut STIAMI
Jhulianfika Irrianda, S.Sos., M.I.Kom.
MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN INSTITUT ILMU SOSIAL DAN MANAJEMEN STIAMI DI MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019(Publish).Jakarta:Institut STIAMI,2022.Tesis
Jhulianfika Irrianda, S.Sos., M.I.Kom.
MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN INSTITUT ILMU SOSIAL DAN MANAJEMEN STIAMI DI MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019(Publish).Jakarta:Institut STIAMI,2022.Tesis
Jhulianfika Irrianda, S.Sos., M.I.Kom.
MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN INSTITUT ILMU SOSIAL DAN MANAJEMEN STIAMI DI MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019(Publish).Jakarta:Institut STIAMI,2022.Tesis