Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Binaan Sudin Parekraf Jakarta Pusat
Pipit Pitria - Personal Name (Pengarang)
Administrasi Bisnis
2024
Jakarta : Institut STIAMI
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fenomena stagnansi
atau penurunan penjualan pada beberapa UMKM Binaan Sudin Parekraf
Jakarta Pusat. Kinerja pemasaran yang tidak maksimal disebabkan oleh
kualitas produk yang belum sesuai dengan preferensi pelanggan dan kurang
nya daya tarik promosi baik dari segi promosi harga maupun konten di media
offline dan online seperti sosial media. Penelitian ini bertujuan untuk
menentukan bagaimana variabel kualitas produk dan promosi secara individu
dan bersama-sama mempengaruhi hasil kinerja pemasaran UMKM, dengan
fokus pada peningkatan kinerja pemasaran, menarik pelanggan,
meningkatkan kepuasan, dan mendorong loyalitas. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif, data dikumpulkan dengan
kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasi pada
penelitian ini adalah UMKM peserta Jakarta Entrepreneur dari wilayah
Jakarta Pusat yang berjumlah 34.717 UMKM dan sampel penelitian sebanyak
100 responden, teknik sampling menggunakan teknik Purposive Sampling.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda
dengan program SPSS for Windows Ver.27. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa: (1) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan sebesar 83,9%
terhadap kinerja pemasaran dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (2)
promosi berpengaruh positif dan signifikan sebesar 79,7% terhadap kinerja
pemasaran dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (3) kualitas produk dan
promosi berpengaruh positif dan signifikan sebesar 86% terhadap kinerja
pemasaran dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Penelitian ini
menunjukkan bahwa peningkatan dalam Kualitas Produk dan Promosi akan
secara signifikan meningkatkan kinerja pemasaran UMKM.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Dosen Pembimbing |
Dr. Nur Fitri Rahmawati, S.AB. MA |
Pengarang |
Pipit Pitria - Personal Name (Pengarang) |
No. Panggil |
SKR AB 2024 |
Subyek |
Kualitas Produk, Promosi, Kinerja Pemasaran, UMKM
|
Klasifikasi |
S2400147 |
GMD |
Administrasi Bisnis |
Penerbit |
Institut STIAMI |
Tahun Terbit |
2024 |
Tempat Terbit |
Jakarta |
Citation
Pipit Pitria. (2024).
Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Binaan Sudin Parekraf Jakarta Pusat(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Pipit Pitria.
Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Binaan Sudin Parekraf Jakarta Pusat(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Administrasi Bisnis
Pipit Pitria.
Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Binaan Sudin Parekraf Jakarta Pusat(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Administrasi Bisnis
Pipit Pitria.
Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Binaan Sudin Parekraf Jakarta Pusat(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Administrasi Bisnis