Pengharuh Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Perusahaan Freight Forwarding Di PT. Serijasa Transutama
Maulidiatun Nofalia - Personal Name (Pengarang)
Administrasi Bisnis
2024
Jakarta : Institut STIAMI
PT Sarijasa Transutama adalah perusahaan yang bergerak pada
bidang jasa pengiriman barang via darat, laut, udara maupun kereta api.
Bagi pimpinan PT Sarijasa Transutama, pelanggan merupakan asset yang
sangat berharga bagi perusahaan, karena pelanggan dapat meningkatkan
reputasi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
customer relationship management dan kualitas pelayanan terhadap
loyalitas pelanggan perusahaan freight forwarding di PT Sarijasa
Transutama secara simultan maupun parsial. Pada penelitian ini, peneliti
menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 160
perusahaan dari data pelanggan 2021-2023. Sampel penelitian ini
ditentukan menggunakan rumus Slovin dan menghasilkan 62 responden.
Namun, dari hasil penyebaran kuesioner, peneliti mendapat jumlah
sampel sebanyak 70 responden. Teknik analisis data yang digunakan
adalah Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis Parsial (Uji T), Uji
Simultan (Uji F), Dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa customer relationship management memiliki
pengaruh positif dan signifikan sebesar 12,6% terhadap loyalitas
pelanggan. Sedangkan, kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan
signifikan sebesar 5,3% terhadap loyalitas pelanggan. Variabel customer
relationship management dan kualitas pelayanan mempengaruhi variabel
loyalitas pelanggan secara simultan dengan nilai sebesar 0,176 atau
17,3% dimana 82,7% dipengaruhi oleh faktor lain.
Detail Information
Citation
APA Style
Maulidiatun Nofalia . (2024).
Pengharuh Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Perusahaan Freight Forwarding Di PT. Serijasa Transutama (Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Chicago Style
Maulidiatun Nofalia .
Pengharuh Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Perusahaan Freight Forwarding Di PT. Serijasa Transutama (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Administrasi Bisnis
MLA Style
Maulidiatun Nofalia .
Pengharuh Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Perusahaan Freight Forwarding Di PT. Serijasa Transutama (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Administrasi Bisnis
Turabian Style
Maulidiatun Nofalia .
Pengharuh Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Perusahaan Freight Forwarding Di PT. Serijasa Transutama (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Administrasi Bisnis