Penerapan Efektivitas Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) dalam Implementasi E-Government di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023


Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan aplikasi Jakarta Kini
atau JAKI pada tahun 2019 sebagai wujud transformasi e-government.
JAKI hadir dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat
dalam mengakses layanan publik dengan mudah dan cepat, yang
diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah.
Peneliti menggunakan teori efektivitas dari Campbell J.P untuk
menjelaskan penerapan efektivitas pelayanan publik melalui aplikasi JAKI
dalam implementasi e-government di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
Tahun 2023, berdasarkan pada 5 (lima) indikator yaitu, Keberhasilan
Program, Keberhasilan Sasaran, Tingkat Input dan Output, Kepuasan
Terhadap Program dan Pencapaian Tujuan Menyeluruh. Penerapan
efektivitas pelayanan publik melalui aplikasi JAKI di Jakarta sudah dapat
dikatakan berjalan cukup baik dan sesuai dengan tujuan dari JAKI.
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi melalui aplikasi JAKI
memberikan pengaruh positif terhadap kualitas layanan publik di DKI
Jakarta. Hal ini didasari oleh kemudahan akses layanan yang diberikan
JAKI dalam menyediakan platform terpusat bagi masyarakat yang
memungkinkan proses birokrasi menjadi lebih efektif dan efisien. Melalui
fitur dan layanan yang tersedia di JAKI dapat menciptakan tata kelola
pemerintahan yang lebih baik dengan melibatkan partisipasi masyarakat.
Namun dalam penggunaan JAKI masih memiliki hambatan yang perlu
diatasi untuk memaksimalkan potensinya. Salah satunya ialah aplikasi
yang sering mengalami error, yang dapat menyebabkan proses layanan
terhambat dan memakan waktu yang lama. Selain itu perlu
pengembangan lebih lanjut mengenai fitur Laporan Warga, dan adanya
sosialisasi dan edukasi kepada kelompok orang tua untuk memberikan
pemahaman dan melibatkan partisipasi dalam menggunakan aplikasi.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Dosen Pembimbing Giyanto, S.Pd., M.M
Pengarang Refina Hapiz - Personal Name (Pengarang)
No. Panggil SKR AP 2024
Subyek Efektivitas, Pelayanan publik, Aplikasi JAKI
Klasifikasi S2400093
GMD Administrasi Publik
Penerbit Institut STIAMI
Tahun Terbit 2024
Tempat Terbit Jakarta


Citation

Refina Hapiz. (2024).Penerapan Efektivitas Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) dalam Implementasi E-Government di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023(Revision).Jakarta:Institut STIAMI

Refina Hapiz.Penerapan Efektivitas Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) dalam Implementasi E-Government di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Administrasi Publik

Refina Hapiz.Penerapan Efektivitas Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) dalam Implementasi E-Government di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Administrasi Publik

Refina Hapiz.Penerapan Efektivitas Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) dalam Implementasi E-Government di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Administrasi Publik

 



Information

Repository merupakan kumpulan dari skripsi, tesis, jurnal, laporan penelitian, dll yang dapat di download secara gratis

Media Sosial

Facebook Repository STIAMI Official
Youtube Repository STIAMI Official
Instagram Repository STIAMI Official

Saran

Kami berharap masukan, kritik dan saran dari saudara/i semua terhadap Repository Institut STIAMI, harap hubungi kami

Klik