Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar Satu Tahun 2023
Rif'atul Hasanah - Personal Name (Pengarang)
Administrasi Publik
2024
Jakarta : Institut STIAMI
Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang
Pelayanan Publik adalah suatu kegiatan atau serangkaian kegiatan yang
bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan sesuai dengan
ketentuan Undang- Undang bagi setiap warga negara dan penduduk yang
berkaitan dengan barang, jasa, dan/atau pelayanan publik. Konsep Good
Governance atau tata kelola yang baik pada hakikatnya merupakan
sebuah kosep yang mengacu pada pengambilan keputusan dan
pelaksanaannya yang dapat dipertanggung jawabkan secara kolektif.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip-prinsip
Good Governance untuk menaikkan kualitas pelayanan di KPP Wajib
Pajak Besar Satu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
menggunakan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di KPP
Wajib Pajak Besar Satu. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa
penerapan prinsip good governance di Kantor Wajib Pajak Besar Satu
sudah berjalan dengan baik dan akan terus meningkatkan kualitas
pelayanan. Namun, dalam penerapan prinsip-prinsip tersebut ditemui
hambatan server online DJP yang sering down dan banyaknya email yang
masuk yang terkadang menyebabkan lamanya respon dari pegawai.
Sehingga menimbulkan kekecewaan dan ketidaknyamanan bagi wajib
pajak. Maka dari itu KPP Wajib Pajak Besar Satu akan terus
mengupayakan pengendalian internal dan memanfaatkan teknologi lain
seperti penggunaan akun sosial media agar dapat memberikan pelayanan
terbaik kepada wajib pajak dan meningkatkan kualitas pelayanan.
Detail Information
Citation
APA Style
Rif'atul Hasanah . (2024).
Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar Satu Tahun 2023 (Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Chicago Style
Rif'atul Hasanah .
Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar Satu Tahun 2023 (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Administrasi Publik
MLA Style
Rif'atul Hasanah .
Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar Satu Tahun 2023 (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Administrasi Publik
Turabian Style
Rif'atul Hasanah .
Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar Satu Tahun 2023 (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Administrasi Publik