Efektivitas Pemungutan Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak daerah Tahun 203 (Studi Kasus Pada Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta)
Nurul Ayu Safitri - Personal Name (Pengarang)
Administrasi Publik
2024
Jakarta : Institut STIAMI
Dalam beberapa tahun terakhir, masih banyak wajib pajak di DKI Jakarta
yang tidak memiliki izin reklame, sehingga menimbulkan berbagai
permasalahan. Ketidaksesuaian ini tidak hanya berdampak pada
berkurangnya potensi pendapatan daerah dari sektor pajak reklame, tetapi
juga mengakibatkan penataan kota yang kurang teratur dan estetis.
Iklan-iklan tanpa izin ini sering kali dipasang di lokasi yang tidak sesuai
atau melanggar aturan, sehingga mengganggu kenyamanan dan
keselamatan masyarakat. Selain itu, keberadaan reklame ilegal dapat
merusak pemandangan kota dan menimbulkan kesan kurang tertib. Oleh
karena itu, diperlukan upaya yang lebih intensif dari pihak berwenang
untuk menertibkan dan mengawasi pemasangan reklame agar sesuai
dengan peraturan yang berlaku. Metode penelitian yang digunakan oleh
penulis dalam skripsi ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan
deskriptif.Teknik pengumpulan dilakukan dengan cara wawancara, ,
observasi, dokumentasi, dan triangulasi.Hasil penelitian dari efektifitas
kebijakan pemungutan pajak reklame dalam meningkatkan penerimaan
pajak daerah di kantor Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) DKI
Jakarta, masih belum efektif dilihat dari dimensi tepat target, tepat
lingkungan, dan tepat proses. Adapun kendala yaitu masih perlu adanya
pengawasan terhadap reklame liar dan pentingnya membayar pajak
reklame tepat waktu. Upaya yang telah dilakukan oleh kantor Badan
Pendapatan Daerah (BAPENDA) yaitu Kolaborasi dengan pihak eksternal
dan internal untuk meningkatkan kesadaran wajib pajak tentang
pentingnya membayar pajak reklame dan mengurangi praktik reklame liar.
Sosialisasi dan edukasi kepada wajib pajak untuk pengembangan
kebijakan yang baru melalui platform yang mungkin sudah disediakan oleh
pihak BAPENDA DKI Jakarta contohnya seperti media sosial, seminar,
workshop, dan kampanye lainnya.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Dosen Pembimbing |
Pebriana Arimbhi, S.Sos., M.Si |
Pengarang |
Nurul Ayu Safitri - Personal Name (Pengarang) |
No. Panggil |
SKR AP 2024 |
Subyek |
Efektivitas, Pajak Reklame, Pemungutan Pajak
|
Klasifikasi |
S2400052 |
GMD |
Administrasi Publik |
Penerbit |
Institut STIAMI |
Tahun Terbit |
2024 |
Tempat Terbit |
Jakarta |
Citation
Nurul Ayu Safitri. (2024).
Efektivitas Pemungutan Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak daerah Tahun 203 (Studi Kasus Pada Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Nurul Ayu Safitri.
Efektivitas Pemungutan Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak daerah Tahun 203 (Studi Kasus Pada Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Administrasi Publik
Nurul Ayu Safitri.
Efektivitas Pemungutan Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak daerah Tahun 203 (Studi Kasus Pada Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Administrasi Publik
Nurul Ayu Safitri.
Efektivitas Pemungutan Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak daerah Tahun 203 (Studi Kasus Pada Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Administrasi Publik