PENGARUH KOREAN WAVE DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SOMETHINC (STUDI KASUS PADA MAHASISWI INSTITUT STIAMI PUSAT JAKARTA ANGKATAN 2019-2022)
Fenomena Korean Wave yang melibatkan popularitas budaya Korea telah
menciptakan dampak pada preferensi konsumen di berbagai belahan
dunia. Selain itu, penggunaan Brand Ambassador terutama yang berasal
dari industri hiburan Korea juga menjadi faktor penting dalam membentuk
persepsi dan keputusan pembelian konsumen terhadap produk Somethinc.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa
besar pengaruh Korean Wave dan Brand Ambassador terhadap Keputusan
Pembelian produk Somethinc studi kasus pada mahasiswi Institut Stiami
Pusat Jakarta Angkatan 2019-2022. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif, serta teknik sampel
yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data
dengan memberikan kuesioner pada responden, observasi, dan studi
pustaka. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear
ix
berganda yang diolah menggunakan program SPSS versi 26. Hasil
penelitian ini menunjukkan variabel Korean Wave (X1), Brand Ambassador
(X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan
Pembelian (Y) produk somethinc pada mahasiswi Institut Stiami Pusat
Jakarta Angkatan 2019-2022. Variabel Korean Wave secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian,
sedangkan variabel Brand Ambassador secara parsial berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Kata kunci : Korean Wave, Brand Ambassador, Keputusan Pembelian
Detail Information
Bagian | Informasi |
---|---|
Dosen Pembimbing | Nidaul Izzah, S.E, M.PD |
Pengarang | YUNI FEBRIYANTI - Personal Name (Pengarang) |
No. Panggil | SKR AB 2024 |
Subyek | Korean Wave, Brand Ambassador, Keputusan Pembelian |
Klasifikasi | S2400000 |
GMD | Administrasi Bisnis |
Penerbit | Institut STIAMI |
Tahun Terbit | 2024 |
Tempat Terbit | Jakarta |