Detail Cantuman

Strategi Komunikasi Antarpribadi Antara Instruktur Dan Siswa Untuk Mencapai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (Studi Kasus: Program Barista Di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi)

Strategi Komunikasi Antarpribadi Antara Instruktur Dan Siswa Untuk Mencapai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (Studi Kasus: Program Barista Di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi)


Kemampuan komunikasi antarpribadi menjadi sangat penting untuk dipahami dan dikuasai terutama bagi para instruktur dalam berinteraksi dengan siswa. Permasalahan yang dihadapi yaitu tingkat pencapaian kompetensi siswa yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia yang tergolong rendah dan perlunya strategi komunikasi antarpribadi yang efektif dari instruktur agar tujuan pelatihan dapat tercapai. Untuk itu, dalam penelitian ini juga diidentifikasi hambatan penerapan strategi komunikasi antarpribadi dan upaya mengatasinya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi antarpribadi yang diterapkan oleh instruktur kepada siswa berikut hambatan dan upaya untuk mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Berdasarkan analisis terhadap hasil observasi dan wawancara kepada beberapa narasumber yang berada di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi khususnya pada pelatihan program Barista tahap I tahun 2020, didapat hasil penelitian bahwa strategi komunikasi antarpribadi yang diterapkan instruktur telah mengacu pada teori DeVito tentang karakteristik komunikasi yaitu keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif dan kesetaraan. Hambatan yang dihadapi yaitu rendahnya daya tangkap dan sikap peserta karena alasan perbedaan latar belakang pendidikan, usia dan budaya yang berbeda-beda. Upaya peningkatan strategi komunikasi antarpribadi dilakukan dengan fokus pada pendekatan persuasi instruktur terhadap siswa. Namun demikian, masih diperlukan peningkatan kemampuan instruktur terkait karakteristik kesetaraan.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Dosen Pembimbing Wulan Furrie Lenggana, S.Kom.I., M.I.Kom
Pengarang Fahim Ahmada - Personal Name (Pengarang)
No. Panggil SKR MK 2020
Subyek Skripsi-Manajemen Komunikasi-Kualitatif
komunikasi antarpribadi
standar kompetensi
program barista
Klasifikasi S200041
GMD Manajemen Komunikasi
Penerbit Institut STIAMI
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit Jakarta


Citation

Fahim Ahmada. (2020).Strategi Komunikasi Antarpribadi Antara Instruktur Dan Siswa Untuk Mencapai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (Studi Kasus: Program Barista Di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI

Fahim Ahmada.Strategi Komunikasi Antarpribadi Antara Instruktur Dan Siswa Untuk Mencapai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (Studi Kasus: Program Barista Di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2020.Manajemen Komunikasi

Fahim Ahmada.Strategi Komunikasi Antarpribadi Antara Instruktur Dan Siswa Untuk Mencapai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (Studi Kasus: Program Barista Di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2020.Manajemen Komunikasi

Fahim Ahmada.Strategi Komunikasi Antarpribadi Antara Instruktur Dan Siswa Untuk Mencapai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (Studi Kasus: Program Barista Di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi)(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2020.Manajemen Komunikasi

 



Information

Repository merupakan kumpulan dari skripsi, tesis, jurnal, laporan penelitian, dll yang dapat di download secara gratis

Media Sosial

Facebook Repository STIAMI Official
Youtube Repository STIAMI Official
Instagram Repository STIAMI Official

Saran

Kami berharap masukan, kritik dan saran dari saudara/i semua terhadap Repository Institut STIAMI, harap hubungi kami

Klik