Strategi Komunikasi Antarpribadi Antara Instruktur Dan Siswa Untuk Mencapai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (Studi Kasus: Program Barista Di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi)
Fahim Ahmada - Personal Name (Pengarang)
Manajemen Komunikasi
2020
Jakarta : Institut STIAMI
Kemampuan komunikasi antarpribadi menjadi sangat penting untuk dipahami dan dikuasai terutama bagi para instruktur dalam berinteraksi dengan siswa. Permasalahan yang dihadapi yaitu tingkat pencapaian kompetensi siswa yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia yang tergolong rendah dan perlunya strategi komunikasi antarpribadi yang efektif dari instruktur agar tujuan pelatihan dapat tercapai. Untuk itu, dalam penelitian ini juga diidentifikasi hambatan penerapan strategi komunikasi antarpribadi dan upaya mengatasinya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi antarpribadi yang diterapkan oleh instruktur kepada siswa berikut hambatan dan upaya untuk mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Berdasarkan analisis terhadap hasil observasi dan wawancara kepada beberapa narasumber yang berada di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi khususnya pada pelatihan program Barista tahap I tahun 2020, didapat hasil penelitian bahwa strategi komunikasi antarpribadi yang diterapkan instruktur telah mengacu pada teori DeVito tentang karakteristik komunikasi yaitu keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif dan kesetaraan. Hambatan yang dihadapi yaitu rendahnya daya tangkap dan sikap peserta karena alasan perbedaan latar belakang pendidikan, usia dan budaya yang berbeda-beda. Upaya peningkatan strategi komunikasi antarpribadi dilakukan dengan fokus pada pendekatan persuasi instruktur terhadap siswa. Namun demikian, masih diperlukan peningkatan kemampuan instruktur terkait karakteristik kesetaraan.
Detail Information
Citation
APA Style
Fahim Ahmada . (2020).
Strategi Komunikasi Antarpribadi Antara Instruktur Dan Siswa Untuk Mencapai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (Studi Kasus: Program Barista Di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi) (Revision).Jakarta:Institut STIAMI
Chicago Style
Fahim Ahmada .
Strategi Komunikasi Antarpribadi Antara Instruktur Dan Siswa Untuk Mencapai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (Studi Kasus: Program Barista Di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi) (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2020.Manajemen Komunikasi
MLA Style
Fahim Ahmada .
Strategi Komunikasi Antarpribadi Antara Instruktur Dan Siswa Untuk Mencapai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (Studi Kasus: Program Barista Di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi) (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2020.Manajemen Komunikasi
Turabian Style
Fahim Ahmada .
Strategi Komunikasi Antarpribadi Antara Instruktur Dan Siswa Untuk Mencapai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (Studi Kasus: Program Barista Di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi) (Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2020.Manajemen Komunikasi